Internasional

Perang Dagang dengan China, Trump: Saya Lakukan Untuk Negara

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
20 July 2018 18:42
Perang Dagang dengan China, Trump: Saya Lakukan Untuk Negara
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah mengisyaratkan keinginannya mengenakan tarif terhadap seluruh produk yang diimpor negaranya dari China bila langkah itu diperlukan. Ini membuat perang dagang AS dan China memanas.

"Saya siap menuju 500," kata Trump dalam wawancara khususnya dengan CNBC International yang ditayangkan hari Jumat (20/7/2018).

Ia merujuk pada nilai impor China ke AS tahun lalu senilai US$505,5 miliar atau lebih dari Rp 7.341 triliun. Sebagai perbandingan, AS mengekspor berbagai produk ke China senilai US$129,9 miliar.


Baru-baru ini, Negeri Paman Sam telah mengenakan bea masuk terhadap impor dari China senilai US$34 miliar yang langsung dibalas dengan tarif serupa oleh Negeri Tirai Bambu.


"Saya tidak melakukan ini untuk politik, saya melakukan ini demi negara kita," kata Trump. "Kita telah dirugikan oleh China untuk waktu yang lama."

Ia mengatakan AS dimanfaatkan di berbagai bidang, termasuk kebijakan moneter dan perdagangan. Tetap saja ia mengatakan tidak menggunakan tarif itu dengan niatan buruk kepada China.

"Saya tidak ingin mereka takut. Saya ingin mereka menjadi lebih baik," ucapnya. "Saya sangat menyukai Presiden Xi, namun ini benar-benar tidak adil."

Trump juga mengatakan ia diberi tahu oleh beberapa pejabat China yang tidak disebutkan identitasnya bahwa tidak seorang pun menyampaikan keberatannya dari pemerintahan AS sebelumnya "Sampai Anda tiba - [yaitu] saya [Trump]".

"Mereka mengatakan Sekarang Anda telah lebih dari mengajukan keluhan. Kami tidak suka pada apa yang Anda lakukan." (dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading