Piala Dunia 2018

Rusia dan Ancaman Kursi Kosong Seusai Pesta Bola Dunia

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
13 July 2018 18:05
Setelah Piala Dunia, bagaimana nasib stadion-stadion ini?
Rusia tentu tidak ingin mengalami kejadian seperti para mantan tuan rumah Piala Dunia. Brasil adalah contoh terdekat.

Negeri Samba merenovasi stadion legendaris Maracana dengan biaya mencapai US$ 500 juta (Rp 6,97 triliun). Bagaimana nasib Maracana?

Tidak lama setelah Piala Dunia 2014 (dan Olimpade Rio de Janeiro), Maracana dicampakkan begitu saja. Tidak terawat. Rumput lapangan mengering berganti menjadi tanah tandus. Kursi-kursi stadion banyak yang hilang dicuri. Bahkan aliran listrik ke stadion ini sempat diputus karena tunggakan tagihan yang tidak terbayar. 


Ini terjadi karena saling lempar tanggung jawab antara pemilik stadion, operator, dan panitia Olimpiade Rio 2014. Di tengah perselisihan itu, Maracana dibiarkan begitu saja. Nasib yang tragis bagi tempat yang mendapat julukan Kuil Sepakbola Brasil. 

Kini Maracana telah diselamatkan oleh Flamengo, klub elit Brasil. Flamengo akan menjadi penyewa Maracana sampai 2022. Semoga di tangan Flamengo, Maracana kembali cantik dan terawat. 

Jika Rusia tidak segera menemukan solusi, maka nasib mereka akan sama seperti Brasil. Menjadi tuan rumah Piala Dunia memang bikin pusing, terutama soal 'cuci piring' setelah pesta usai.

TIM RISET CNBC INDONESIA

(aji/wed)
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading