Ini Lowongan Pekerjaan yang Paling Banyak Tersedia di RI

News - Gita Rossiana, CNBC Indonesia 12 July 2018 16:33
Ini Lowongan Pekerjaan yang Paling Banyak Tersedia di RI Foto: CNBC Indonesia/Muhammad Luthfi Rahman
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) mencatat adanya penambahan jumlah penawaran pekerjaan pada kuartal II-2018. Dilihat dari sektornya, penawaran dari sektor asuransi yang mencatat pertumbuhan penawaran lowongan kerja yang cukup tinggi.
 
Direktur Eksekutif Departemen Statistik BI Yati Kurniati menjelaskan, pada kuartal II-2018, jumlah penawaran lowongan pekerjaan meningkat sekitar 18-20% (year on year/yoy).
 
"Ini adalah pertumbuhan yang cukup tinggi," ujar dia dalam acara Bincang-Bincang Media di Bank Indonesia, Kamis (12/7/2018).
 
Yati mengungkapkan, pertumbuhan penawaran pekerjaan tersebut memang sempat menurun pada 2017 yang hanya mencapai 12,2%. Namun, nilainya terus membaik dan mencapai 18,7% pada kuartal I-2018."Ada sedikit perbaikan disini,"ucap dia.
 
Sementara itu, untuk melihat perkembangan penawaran pekerjaan, BI mengumpulkan informasi dari lowongan pekerjaan di koran dan internet. Dari informasi tersebut, ada tiga sektor pekerjaan yang mencatat penawaran tertinggi, yakni asuransi dan perdagangan eceran dan penyediaan akomodasi makan dan minum.
 
Di sisi lain, tidak hanya jumlah penawaran tenaga kerja yang meningkat, namun juga penambahan penggunaan tenaga kerja dari berbagai sektor. "Sektor pertanian, pertambangan, listrik, gas, air dan konstruksi juga jasa perdagangan, hotel dan restoran menunjukkan peningkatan jumlah penggunaan tenaga kerja,"papar dia.





(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading