Internasional

Merugi, Walmart Jual Supermarket Seiyu di Jepang Rp 64 T

News - Roy Franedya, CNBC Indonesia
12 July 2018 13:06
Merugi, Walmart Jual Supermarket Seiyu di Jepang Rp 64 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Walmart berencana menjual Seiyu, jaringan supermarket besar Jepang, karena raksasa ritel Amerika Serikat (AS) meninjau operasi globalnya di tengah persaingan yang semakin ketat, khususnya Amazon.com.

Mengutip Nikkei Asian Review, Walmart berencana keluar dari pasar Jepang dengan menjual Seiyu seharga US$2,7 miliar hingga US$4,5 miliar (Rp 64,35 triliun). Penjualan ini akan membuat peta persaingan industri distribusi Jepang berubah setelah Uny Group Holdings bergabung dengan FamilyMart di 2016.


Sebelumnya, peritel raksasa sudah keluar dari pasar Jepang. Carrefour pada 2005 dan Tesco pada tahun 2011.


Berbagai sumber yang mengetahui masalah ini mengatakan Walmart telah mendekati peritel besar dan perusahaan private equity yang berpotensi membeli Seiyu. Saat ini Seiyu beroperasi di 335 lokasi.

Baru-baru ini Walmart menetapkan fokus bisnis untuk melawan Amazon. Pada 2016, Perusahaan AS ini membeli perusahaan ritel online AS, Jet.com seharga US$3 miliar. Akuisisi ini untuk mempercepat investasi ritel digital dan sinergi dengan gerai konvensionalnya.

Walmart menjadi pemegang saham mayoritas di Yihaodian, perusahaan yang berbasis di Shanghai, untuk mendukung belanja online di China. Beberapa bulan yang lalu, Walmart baru saja menyelesaikan akuisisi Flipkart, yang disebut sebagai Amazonnya India senilai US$16 miliar.

Walmart memandang AS, China, dan India sebagai pasar strategis dan mengecilkan operasinya di Inggris dan Brasil.

Walmart telah memperkuat operasi online di Jepang dengan bermitra dengan perusahaan e-commerce Rakuten pada bulan Januari 2018. Kedua perusahaan akan membuka layanan grosir online musim panas ini.

Bisnis Walmart di Jepang membukukan kerugian bersih sebesar 200 juta yen untuk tahun yang berakhir pada Desember 2016, dan bahkan membengkak pada tahun-tahun berikutnya.

Seiyu merupakan supermaket yang didirikan Seibu Grup. Walmat membeli Seiyu pada 2002 silam untuk bisa memasuki pasar Jepang.

(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading