Internasional

Pengusaha Makanan: Pengganti Sedotan Plastik Lebih Mahal

News - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
10 July 2018 13:58
Pengusaha Makanan: Pengganti Sedotan Plastik Lebih Mahal
Jakarta, CNBC Indonesia - Saat semakin banyak perusahaan berupaya menghentikan penggunaan sedotan plastik, distributor makanan berupaya mencari alternatif yang lebih ramah lingkungan. Pilihan termudah adalah sedotan kertas, tetapi bahan tersebut diprediksi memakan ongkos yang lebih mahal.

"Anda mungkin akan menghabiskan biaya sepuluh kali lipat," kata Adam Merran selaku CEO PacknWood, sebuah perusahaan produk layanan makanan, kepada CNBC International hari Senin (9/7/2018).


"Jika Anda membeli sedotan kertas, harganya sekitar dua setengah sen [Rp 7.400]," katanya. Sementara itu, harga sedotan plastik hanya sekitar setengah sen.
Perusahaan Merran sendiri mendistribusikan sedotan kertas yang terbuat dari bahan-bahan daur ulang dan organik ke berbagai kedai kopi, kasino Las Vegas, serta stadion besar seperti Madison Square Garden.


Merran berkata itu semua tergantung sudut pandang.

"Anda beralih dari sesuatu yang sangat, sangat, sangat murah, ke sesuatu yang sebenarnya masih murah," katanya.

Starbucks adalah satu dari sekian banyak usaha yang belakangan ini mengumumkan akan berhenti gunakan sedotan plastik sekali pakai di tahun 2020. Bon Appetit Management Company yang merupakan perusahaan manajemen makanan yang melayani sekitar 1.000 lokasi di Amerika Serikat juga baru saja mengumumkan akan berhenti gunakan sedotan plastik dalam fasilitas yang dikelolanya.

Meskipun begitu, Starbucks akan mengganti sedotan plastik dengan tutup gelas mudah disesap yang dapat didaur ulang sebagai pengganti sedotan kertas yang dikeluhkan banyak konsumen karena gampang penyok.

"Segala solusi ramah lingkungan adalah solusi," kata Merran.

Dia berkata alternatif lainnya termasuk kembali menggunakan sedotan, di mana konsumen membersihkan sedotan di rumah dan membawanya tiap kali mengunjungi gerai Starbucks. Solusi ini mirip dengan inisiatif penggunaan mug yang bisa dibawa bepergian.

Tentang berapa lama sedotan kertas bisa bertahan setelah terkena cairan, Merran berkata itu tergantung pada minuman dan suhunya.


"Seharusnya itu bertahan sampai Anda [menghabiskan] minuman," katanya. "Itu akan jadi sedikit lembab, tetapi Anda masih bisa minum dari situ. Itu seperti alternatif apapun, tidak sempurna tapi bisa digunakan."
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading