Jokowi Sebut Ekonomi Sedang Sulit, Benarkah?

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
05 July 2018 14:29
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan saat ini ekonomi dunia sedang berada pada masa yang sulit.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan, saat ini ekonomi dunia sedang berada pada masa yang sulit. Selain sulit, situasi juga penuh ketidakpastian. 

"Kita harus bicara apa adanya bahwa situasi ekonomi dunia sekarang ini masih betul-betul pada posisi yang sangat sulit. Saya kira Bapak-Ibu semuanya, bupati, juga merasakan betapa ketidakpastian ekonomi dunia itu betul-betul sulit dikalkulasi dan sulit dihitung," kata Jokowi di depan para bupati se-Indonesia, Kamis (5/7/2018). 


Apa yang dikatakan Jokowi memang benar. Apa yang terjadi saat ini bertolak belakang dengan proyeksi tentang 2018 yang dibuat akhir tahun lalu. 


Pada akhir 2017, dunia sepertinya sepakat bahwa 2018 adalah harapan. Dia menjadi titik pemulihan ekonomi, langkah awal untuk tinggal landas. 

Amerika Serikat (AS) di bawah komando Presiden Donald Trump, menerapkan pemotongan tarif pajak yang diharapkan membuat ekonomi Negeri Paman Sam melaju kencang. Trump juga memberi stimulus fiskal dengan meningkatkan anggaran pembangunan infrastruktur. 

Eropa dan Jepang pun diperkirakan semakin membaik. Investor pun memperkirakan bank sentral di dua kawasan itu mulai bicara pengetatan moneter. Artinya, Benua Biru dan Negeri Matahari Terbit tengah bersiap keluar dari stagnasi.  

Pembacaan ini membangkitkan optimisme dari para pelaku pasar. Pasar saham mengalami reli panjang dan terus menanjak.  

Di Wall Street, tiga indeks utama melonjak pada 2017. Dow Jones Industrial Average (DJIA) naik 25%, S&P 500 menguat 19%, dan Nasdaq bertambah 28%. 

Tidak hanya di AS, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pun meroket. Sepanjang 2017, IHSG menguat 19,21%. 

Investor memperkirakan euforia ini akan berlanjut hingga 2018. Dunia akan baik-baik saja...
Gonjang-ganjing Karena Perang Dagang
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading