Sah! Federal Oil yang Dilahirkan Om Willem Berlabuh ke Exxon

News - Raydion Subiantoro, CNBC Indonesia
29 June 2018 09:19
Sah! Federal Oil yang Dilahirkan Om Willem Berlabuh ke Exxon
Jakarta, CNBC Indonesia - ExxonMobil merampungkan akuisisi PT Federal Karyatama senilai Rp 5,88 triliun. Federal Karyatama adalah produsen oli merek Federal Oil di pasar Indonesia.

Exxon yang berbasis di Texas itu membeli 100% saham PT Mitra Pinasthika Mustika yang ada di PT Federal Karyatama.

Akuisisi ini termasuk merek dagang Federal Oil dan pabrik pengolahan pelumas berkapasitas 700.000 barel per tahun di Cilegon, Indonesia.


Federal Oil memiliki 40 penyalur, 3.200 Pusat Federal Oil, dan lebih dari 10.000 pengecer di seluruh Indonesia.

"Keahlian Federal Oil dalam pelumasan motor melengkapi merek dagang pelumas Mobil di sektor lain di mana ExxonMobil sangat berpengalaman, akan membantu kami untuk terus berkembang dan memberikan layanan terbaik kepada konsumen di Indonesia," ujar Russ Green, Vice President ExxonMobil Finished Lubricants, melalui Siaran Pers, Jumat (29/6/2018).

Dia mengatakan Indonesia adalah salah satu pasar pelumas yang berkembang pesat di Asia. Seperti diketahui, sebelum diakuisisi Exxon, Federal Karyatama dimiliki sepenuhnya oleh Mitra Pinasthika Mustika.


Mitra Pinasthika Mustika sendiri sahamnya sebesar 48,61% dikuasai oleh PT Saratoga Investama Sedaya.

Mitra Pinasthika dan Saratoga memiliki Presiden Komisaris yang sama yakni Edwin Soeryadjaya, putra William Soeryadjaya sang pendiri PT Astra International Tbk.

Om Willem, sapaan akrab William Soeryadjaya, juga lah yang mendirikan Federal Oil. Dia memang tidak memasukkan Federal Oil sebagai bagian dari Astra.

(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading