Edwin Soeryadjaya Lepas Bisnis Oli ke Exxon Senilai Rp 5,88 T

Market - Raydion, CNBC Indonesia
01 May 2018 15:53
Edwin Soeryadjaya Lepas Bisnis Oli ke Exxon Senilai Rp 5,88 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Raksasa migas asal Amerika Serikat Exxon Mobil mengumumkan akuisisi 100% saham PT Federal Karyatama dari PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk.

Dalam keterangan resmi Exxon Mobil, akuisisi tersebut masih menunggu persetujuan para pemegang saham, pemerintah dan regulasi yang ada. Diharapkan, akuisisi tersebut dapat terlaksana paling lambat pada Kuartal III-2018.

Reuters melaporkan nilai transaksi itu mencapai US$ 436 juta atau sekitar Rp 5,88 triliun.


PT Federal Karyatama adalah produsen dari pelumas merek Federal Oil yang memiliki pabrik dengan kapasitas produksi 700.000 barel per tahun.

Federal Karyatama dimiliki oleh Mitra Pinasthika Mustika, yang sahamnya sebesar 48,61% dikuasai oleh PT Saratoga Investama Sedaya.

Adapun Presiden Komisaris dari Mitra Pinasthika Mustika dan Saratoga Investama Sedaya adalah Edwin Soeryadjaya, yang merupakan putra dari William Soeryadjaya sang pendiri PT Astra International Tbk.

Keluarga Soeryadjaya lain yang terlibat di dalam Saratoga Investama Sedaya adalah Michael William P. Soeryadjaya sebagai Presiden Direktur.

Federal Karyatama sendiri berdiri pada 1988 yang memiliki jaringan penjualan secara nasional hingga 40 diler, 3.200 Federal Oil Centers dan lebih dari 10.000 retailer.

"Akuisisi ini, dikombinasikan dengan merek premium pelumas kami, Mobil, akan membantu kami untuk bertumbuh dan melayani pelanggan lebih baik di Indonesia. Pengetahuan dan pengalaman pegawai FKT dan distributor akan memainkan peran kunci untuk mencapai target," jelas Bryan Milton, Presiden of ExxonMobil Fuels & Lubricants Company. (ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading