Ini Alasan Exxon Ambil Bisnis Oli Edwin Soeryadjaya

News - Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
03 May 2018 15:00
Exxonmobil bicara soal alasan di balik rencana akuisisi saham PT Federal Karyatama, prosuden oli Federal di Indonesia
Jakarta, CNBC Indonesia- Exxon Mobil mengakuisisi 100% saham PT Federal Karyatama dari PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk, produsen dari pelumas merek Federal Oil.

Vice President Public & Govenment Affairs ExxonMobil Indonesia Erwin Maryoto menyampaikan alasan perusahaan melakukan akuisisi adalah mengembangkan bisnis perusahaan di sektor hilir. Menurut dia, pasar pelumas di Indonesia memiliki perkembangan yang sangat pesat.




"Salah satu pasar lubricants yang berkembang sangat cepat di Asia Pasifik," tutur Erwin di Jakarta Convention Center, Kamis (3/5/2018).

Selama ini, bisnis pelumas Exxon di Indonesia fokus melayani premium market dengan produk bernama Mobil One yang ditujukan untuk kendaraan roda empat. "Sekarang kami mengakuisisi lubricants yang sudah punya pasar yang bagus di Indonesia, untuk sepeda motor, jadi.saling melengkapi," imbuh Erwin.

Erwin yakin dengan akuisisi terhadap Federal, pangsa pasar Exxon atas bisnis di sektor hilir bisa meningkat signifikan karena Federal sendiri dinilai telah memiliki pangsa pasar yang besar.

Seperti diketahui, Federal Karyatama adalah produsen pelumas merek Federal Oil yang memiliki pabrik berkapasitas 700.000 barel per tahun.

Adapun pemegang 46% saham Mitra Pinasthika adalah PT Saratoga Investama Sedaya. Baik Mitra Pinasthika dan Saratoga memiliki Presiden Komisaris yang sama yakni Edwin Soeryadjaya, putra William Soeryadjaya yang mendirikan PT Astra International Tbk.

Kabar akuisisi ini cukup mengejutkan, karena Federal Karyatama adalah salah satu perusahaan paling awal yang dibentuk oleh William.
Artikel Selanjutnya

Mengintip Blok Cepu, Tulang Punggung Produksi Minyak RI


(gus/gus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading