Piala Dunia 2018

Pendukung Amerika Latin Goyang Rusia di Piala Dunia 2018

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
26 June 2018 14:58
Pendukung Amerika Latin dari Berbagai Kalangan

Pendukung Amerika Latin dari Berbagai Kalangan

Banyak penggemar yang menabuh drum Meksiko dan melukis tubuhnya dengan bendera merah putih Peru terlihat pada hari musim panas di Moskow dan hampir semuanya pekerja kantor di kota besar.

Miranda, pendukung Kolombia, adalah perencana kota yang memiliki pekerjaan baru di Kanada.

Alexandro Grado adalah mantan konsultan keuangan Citibanamex milik Meksiko yang sekarang memiliki perusahaan daur ulang plastik.

"Pergi ke Rusia tidak mahal jika Anda membeli semuanya dari jauh hari," kata Grado.

Namun, tidak semua penggemar mampu pergi ke bar dapat dekat Kremlin dan tempat inilah, yang menurut sosiolog olahraga, adalah tempat federasi sepakbola Amerika Latin tercipta.

"Ada tim nasional yang memiliki dukungan organisasi yang sangat kuat. Argentina pada tahun 2010 adalah salah satu contohnya," kata Ludovic Lestrelin dari Universite de Caen di Normandia.

Lestrelin mengatakan, para penggemar yang kurang mampu di Eropa mendapatkan jauh lebih sedikit bantuan perjalanan dan akomodasi dari agen-agen negara, yang memperbesar kemungkinannya untuk tinggal di rumah dan menonton di TV.

Ini berarti orang Eropa yang menghadiri Piala Dunia cenderung lebih kaya daripada penggemar sepak bola rata-rata. Orang Amerika Latin yang bepergian lebih mungkin berasal dari semua jenis latar belakang.

"Mereka yang bepergian ke Rusia dan tempat-tempat lain tidak mencerminkan susunan sosial stadion Prancis," kata Lestrelin.

"Mereka (di Perancis) lebih beragam, dengan inti pusat pekerja kelas bawah dan menengah." Kata Zbigniew Iwanowski dari Institut Studi Amerika Latin di Moskow.

"Citra Rusia lebih baik di Amerika Latin daripada di Eropa dan AS," tambahnya.


Rusia Bukan Eropa yang Sebenarnya
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading