Pola Mudik Penumpang Pesawat Berubah di Tahun Ini

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia 13 June 2018 19:01
Pola Mudik Penumpang Pesawat Berubah di Tahun Ini
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Angkasa Pura II, operator 15 bandara, mencatat kenaikan penumpang dari H-7 hingga H-2 Lebaran sebesar 9% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Peningkatan penumpang tersebar di antara hari-hari mudik tersebut atau tidak terkonsentrasi di satu hari tertentu.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan meski terjadi peningkatan pergerakan pesawat dan penumpang lebih dinamis pada arus mudik tahun ini.


"Pola pergerakan penumpang tahun ini lebih merata, tersebar karena waktu liburnya cukup panjang dan tidak ada lonjakan yang signifikan," kata Awaluddin di Badara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (13/6).



Dari 15 bandar udara yang dioperasikannya, AP II mencatat jumlah penumpang paling tinggi terjadi pada H-7 dan H-6 lebaran dengan jumlah penumpang mencapai 206.000 per hari. Sementara jumlah ini terus menurun setiap harinya, hingga semalam Selasa (12/6) jumlah penumpang yang berangkat dari 15 bandara ini hanya sebanyak 204.000 saja.

"Polanya berbeda dari tahun lalu, kalau tahun lalu kan H-3 dan H-2 sangat ekstrim perbedaannya dari hari-hari sebelumnya," kata dia.

Sementara untuk arus balik, Awaluddin memperkirakan memang akan terjadi peningkatan penumpang secara signifikan mengingat libur sekolah dan cuti bersama selesai dalam waktu hampir bersamaan. Puncaknya kemungkinan akan terjadi pada 19-20 Juni nanti. (ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading