Luhut: Persiapan Rapat Tahunan IMF-WB Capai 77%

News - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
04 June 2018 14:38
Luhut: Persiapan Rapat Tahunan IMF-WB Capai 77%
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan persiapan penyelenggaraan Annual Meeting Interntional Monetary Fund (IMF)-World Bank Group (WBG) atau Rapat Tahunan IMF-WB pada 8-14 Oktober 2018 di Bali telah mencapai 77% hingga 80%.

Sisanya diperkirakan selesai pada September mendatang.

Pemerintah selaku penyelenggara telah melakukan empat kali pembahasan teknis terkait dengan persiapan acara tersebut untuk membahas 22 area persiapan.


Beberapa bidang persiapan yang dibahas, antara lain keamanan, transportasi, kesehatan, information technology (IT), imigrasi (visa), penampilan kultur Indonesia, hingga persiapan ASEAN Leaders Gathering yang juga akan dihelat di sela-sela pertemuan tersebut.

"Kami juga menghemat banyak anggaran dengan pelaksanaan di sana. Kami tidak ingin pelaksanaanya wah tapi kami hanya ingin bikin IMF di Bali menjadi kenangan untuk perbaikan ekonomi dunia dan Indonesia," ujar Luhut dalam konferensi pers di gedung Kementerian Keuangan hari Senin (4/6/2018).


Hingga saat ini, pemerintah telah mengeluarkan dana sebesar Rp 14,5 miliar dalam mempersiapkan perhelatan pertemuan tersebut.

"Anggaran yang sudah terealisasi saat ini, yaitu Rp 4,1 miliar pada 2018, lalu tahun 2017 itu anggaran Rp 10,4 miliar," ujar Sri Mulyani pada kesempatan yang sama.

Sementara itu, terkait dengan persiapan angkutan transportasi penerbangan, pemerintah menjamin ketersediaan penerbangan pada perhelatan acara tersebut dengan menyiapkan penerbangan tambahan, khususnya yang berasal dari Singapura sebagai salah satu lokasi transit para peserta pertemuan. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading