ESDM Lelang 5 Blok Panas Bumi Langsung ke PLN

News - Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
08 May 2018 14:33
ESDM Lelang 5 Blok Panas Bumi Langsung ke PLN
Jakarta, CNBC Indonesia- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melakukan lelang wilayah kerja panas bumi (WKP) dalam bentuk penawaran langsung kepada PT PLN (Persero).




Lima WKP tersebut adalah WKP Lainea dengan kapasitas 20 megawatt (MW), WKP Wapsalit (5 MW), WKP Sembalun (20 MW), WKP Sumani (20 MW), dan WKP Gunung Endut (40 MW).



Direktur Panas Bumi Ditjen EBTKE, Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari menjelaskan penawaran langsung tersebut akan dilakukan dalam waktu secepatnya. Bila nanti PLN tidak mengambil tawaran itu, WKP akan dilelang kepada umum.
"Kalau mereka (PLN) berminat, akan diambil. Sisanya mungkin akan dilelang umum," tutur Ida di Sari Pan Pacific, Selasa (8/5/2018).


Sepanjang tahun ini, Dirjen EBTKE Kementerian ESDM menargetkan ada 5 WKP yang akan diambil oleh PLN. Pada Januari lalu, PLN telah mengambil 3 WKP yang saat ini tengah dalam proses pembuatan program kerja oleh perusahaan pelat merah itu.
Tiga WKP yang telah terlebih dahulu menjadi penugasan PLN adalah WKP Danau Ranau berkapasitas 110 MW, WKP Gunung Sirung 5 MW, dan WKP Oka Ile Ange 10 MW. "Sedang kami evaluasi rencana program seperti apa," ujar Ida.


(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading