PM Li Keqiang Bicara Wisman Hingga Produk Halal

News - Samuel Pablo, CNBC Indonesia
07 May 2018 20:40
PM Li Keqiang Bicara Wisman Hingga Produk Halal
Jakarta, CNBC Indonesia - Perdana Menteri China Li Keqiang berniat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara asal China ke tanah air.

Berbicara di depan ratusan pengusaha dalam Indonesia-China Business Summit, PM Li mengatakan kunjungan wisman asal negeri tirai bambu tersebut dalam beberapa tahun terakhir terus meningkat. Dirinya pun optimis kunjungan turis China dapat mencapai lebih dari 5 juta orang pada tahun-tahun mendatang.

"Saya kira kita bisa meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara dari China lebih dari tiga, empat bahkan lima juta orang serta meningkatkan pemberian beasiswa dan rencana 5 tahunan untuk pertukaran pemuda dan mahasiswa," ujar Li Keqiang di Hotel Shangri-La, Senin (7/5/2018).


Pengembangan produk dan makanan halal juga menjadi fokus penting bagi China. PM Li mengungkapkan pemerintah China paham betul akan pasar Indonesia yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam. China, tuturnya, juga memiliki jumlah penduduk Muslim yang cukup signifikan.

"Untuk itu, Indonesia dapat mengekspor banyak produk dan makanan halal ke China," katanya.

Secara umum, PM Li menekankan bahwa di tahun ke-40 sejak negaranya mulai melakukan reformasi ekonomi, dia kembali menggarisbawahi komitmen China untuk terus membuka diri bagi arus barang dan jasa dari luar negeri.

"Dalam 5 tahun terakhir, GDP kami naik pesat sebesar 2,5%. 60 juta lapangan pekerjaan baru berhasil diciptakan, dengan 13-14 juta pekerjaan baru setiap tahunnya. Di akhir tahun lalu, lebih dari 100 juta usaha baru dibuka di China. Ini menunjukkan banyak entitas domestik China berkontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi kami," ungkap Li.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading