Internasional

9 dari 10 Kota Berpolusi Tertinggi di Dunia Ada di India!

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
06 May 2018 15:32
9 dari 10 Kota Berpolusi Tertinggi di Dunia Ada di India!
Jakarta, CNBC Indonesia - Penelitian terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengenai tempat dengan tingkat polusi udara tertinggi di dunia telah diumumkan. Ternyata sembilan dari 10 kota yang menurut lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memiliki tingkat pencemaran udara paling buruk berada di India.

Dengan merangkum hasil penelitian di lebih dari 4.000 kota di 100 negara itu, CNBC International secara khusus mendaftar 10 kota dengan polusi paling tinggi di dunia berdasarkan perbandingan jumlah rata-rata PM2,5 - sebuah jenis partikel sangat kecil yang dapat memasuki paru-paru dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius.




1. Kanpur, India
Kota Kanpur di wilayah utara India memiliki level PM2,5 tahunan sebesar 173 mikrogram (mcg) per meter kubik udara, jauh di atas rata-rata rekomendasi WHO, yaitu tidak lebih dari 10 mcg per meter kubik.
9 dari 10 Kota Berpolusi Tertinggi di Dunia Ada di India!Foto: CNBC

2. Faridabad, India
Kota terbesar dengan penduduk paling padat di wilayah Haryana, India, ini terletak di perbatasan ibu kota New Delhi. Padatnya arus lalu lintas menjadi salah satu penyebab tingginya tingkat PM2,5 di kota ini yang mencapai 172 mcg per meter kubik.

3. Varanasi, India
Kota tempat Sungai Gangga berada ini adalah daerah suci India. Para peziarah Hindu mandi di sungai itu, namun telah muncul kekhawatiran mengenai kualitas udara di kota tersebut. Varanasi tercatat memiliki tingkat partikel berbahaya PM2,5 sebesar 151 mcg per meter kubik.

4. Gaya, India
Gaya adalah salah satu kota suci India lainnya yang dipenuhi tempat beribadah bagi umat Hindu dan Budha. Namun, udara di kota ini ternyata memiliki 149 mcg per meter kubik partikel berbahaya.
9 dari 10 Kota Berpolusi Tertinggi di Dunia Ada di India!Foto: CNBC

5. Patna, India
Patna adalah kota kuno India di pinggir Sungai Gangga. Kota ini sangat bising dan macet dan dikenal sebagai hub transportasi di negara itu. Udara Patna tercatat memiliki kandungan PM2,5 sebesar 144 mcg per meter kubik.

6. Delhi, India
Setelah sebelumnya meraih predikat kota dengan polusi udara tertinggi di dunia, Delhi sepertinya telah berbenah meskipun level rata-rata partikel berbahaya di udaranya masih mencapai 143 mcg.
9 dari 10 Kota Berpolusi Tertinggi di Dunia Ada di India!Foto: CNBC

7. Lucknow, India
Terkenal akan arsitektur Mugal dan bangunan era kolonialnya, taman-taman di Lucknow ternyata tidak mampu menyelamatkan kualitas udara kota. Lucknow memiliki rata-rata PM2,5 138 mcg per meter kubik.

8. Bamenda, Kamerun
Tidak seperti India yang udaranya sangat tercemar oleh polusi kendaraan bermotor, kota di Kamerun ini buruk kualitasnya akibat penebangan hutan yang masif. Bamenda memiliki rata-rata PM2,5 132 mcg per meter kubik.
9 dari 10 Kota Berpolusi Tertinggi di Dunia Ada di India!Foto: CNBC

9. Agra, India

Kota rumah monumen Taj Mahal ini ternyata berpolusi udara cukup tinggi akibat bahan bakar rumah tangga maupun kendaraan bermotor. Tingkat rata-rata PM2,5 Agra mencapai 131 mcg.
9 dari 10 Kota Berpolusi Tertinggi di Dunia Ada di India!Foto: CNBC

10. Muzaffarpur, India
Kota ini dapat terasa sangat panas dan lembab di musim panas dengan suhu udara hingga 40 derajat celsius. Rata-rata PM2,5 di udaranya adalah 120 mcg.

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading