33 Pelabuhan Mangkrak Sudah Habiskan Biaya Rp 2,8 T

News - Exist In Exist, CNBC Indonesia
27 April 2018 18:17
33 Pelabuhan Mangkrak Sudah Habiskan Biaya Rp 2,8 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Perhubungan menemukan terdapat 33 pelabuhan mangkrak. Pelabuhan tersebut kebanyakan memiliki status konstruksi dalam pengerjaan (KDP).

Padahal, Inspektur Jenderal Kemenhub Wahju Satrio Utomo mengatakan pihaknya sudah mengeluarkan biaya sekitar Rp 2,8 triliun untuk membangun pelabuhan tersebut.

"Pak Menhub kira-kira enam bulan lalu menugaskan kami untuk turun ke lapangan. Lokasi pemeriksaan lebih kepada pelabuhan yang KDP atau yang belum selesai. Kita juga ingin lihat pelabuhan yang sudah selesai tapi belum beroperasi. Lalu pelabuhan yang sudah beroperasi tapi tidak layak lagi untuk beroperasi," jelasnya dalam konferensi pers, Jumat (27/4/2018).


Berdasarkan hasil tinjauan, lanjutnya, memang ditemukan beberapa pelabuhan yang perlu diputuskan kelanjutan pembangunannya.

"Ada yang terkendala belum ada jalan akses, dibangun di atas lahan yang belum jelas statusnya, ada juga yang dibangun namun belum ada kejelasan pemanfaatannya," tuturnya.


Wahju menyebutkan terdapat beberapa faktor penyebab mangkraknya pembangunan pelabuhan tersebut.

Pertama, adanya perencanaan yang kurang dilaksanakan secara terpadu. Kedua, ada juga yang tidak didukung oleh dokumen yang lengkap.

"Ketiga, pengawasan dalam pelaksanaan pembangunan, kami lihat ini belum dilakukan efektif. Keempat, peran konsultan pengawas tidak dilakukan secara profesional," paparnya.

Kelima, adanya koordinasi yang kurang berjalan baik, antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, antara kantor pusat dengan pelaksana di lapangan, antara pelaksana di lapangan dengan pemerintah daerah, ataupun antara pelaksana di lapangan dengan instansi teknis lainnya yang terkait.

"Terakhir memang adanya perubahan kondisi di lapangan yang menyebabkan pelabuhan itu harus ditinjau kembali. Bisa karena faktor alam, juga mungkin kebijakan rencana tata ruang daerah," jelasnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Wahju mengatakan pihaknya akan mengupayakan pelabuhan tersebut agar dapat digunakan secara maksimal baik diselesaikan pembangunannya atau dialih fungsikan penggunaannya.

"Yang kami lakukan adalah mencegah terjadinya kerugian negara yang lebih besar. Memang ada pelabuhan yang sudah dibangun misalnya tadinya untuk umum ternyata setelah sekian tahun kondisinya lebih baik kalau tidak jadi pelabuhan umum. Gunanya adalah agar asset ini tetap bermanfaat meskipun sekali lagi tidak seperti tujuan semua," paparnya. (ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading