Pasar Mobil Ketat di Kuartal I, Pangsa Astra Turun Jadi 54%

News - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
18 April 2018 14:34
Toyota masih mendominasi penjualan merek mobil di bawah Astra.
Jakarta, CNBC Indonesia - Market share PT Astra International Tbk (ASII) pada kuartal I-2018 turun dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, dari 55% menjadi 54%.  

Penurunan market share tersebut salah satunya didorong oleh kompetisi yang makin ketat dengan kompetitor penjual mobil lainnya.

"Penurunan market share hingga kuartal I tahun ini sebabnya pertama kompetisi yang makin ketat, lalu kenaikan harga dari segmen market commercial akibat harga komoditas yang terus naik dari tahun lalu", ujar Tira Ardianti, Head of Investor Relations ASII, di JSC Hive Coworking Space, Rabu (18/4/2018).




Dengan penurunan market share tersebut, ASII berencana untuk terus mengembangkan produk-produk mobil kendaraan penumpang melalui inovasi baru serta paket promo pembelian mobil agar meningkatkan market share dari penjualan mobil.

Selain itu, pihaknya juga akan menawarkan layanan purna jual dan menawarkan produk yang lebih menarik dari sisi design untuk dapat bersaing dalam penjualan mobil di tanah air.

Namun, pihaknya tidak mempunyai target khusus kenaikan market share penjualan mobilnya hingga akhir tahun ini.

"Dari ASII intinya tetap mempertahankan minimal market share 50% ya, karena kami juga menyadari kompetisi saat ini sudah cukup ketat dari produksi maupun penjualan mobil dengan kompetitor lainnya", ujar Tira.

Untuk segmentasi penjualan mobil, merek Toyota masih mendominasi penjualan produk mobil Astra dengan komposisi penjualan mencapai 35% lalu disusul dengan penjualan produk dari merek Daihatsu dengan proposi penjualan mencapai 17%.

Merek mobil lain yang berada di bawah Astra adalah Isuzu, Peugeot, UD Trucks dan BMW
Artikel Selanjutnya

Suku Bunga Naik, Target Penjualan Mobil Tetap 1,1 Juta Unit


(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading