Mau Beli 'Rumah Hantu' Murah? Cek Dulu Bunga KPR-nya di Sini

News - Alfado Agustio, CNBC Indonesia
17 April 2018 19:40
Setiap pihak yang ingin mengajukan cicilan KPR tentu memikirkan berapa tingkat bunga yang ditawarkan oleh bank.
Jakarta, CNBC Indonesia - Setiap pihak yang ingin mengajukan cicilan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) tentu memikirkan berapa tingkat bunga yang ditawarkan oleh bank.

Tentu anda akan memilih bank yang menawarkan tingkat bunga paling rendah karena akan meringankan kewajiban pembayaran tiap bulannya.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk anda mengajukan KPR? Bagi anda yang sudah berkeinginan untuk memiliki rumah sendiri jawabannya adalah sekarang. Kenapa?



Menurut rilis data survei triwulan I-2018 Bank Indonesia (BI), Tingkat suku bunga rata-rata KPR pada triwulan I 2018 sekitar 11,25%. Angka tersebut diperkirakan akan meningkat 0,24% di triwulan II menjadi 11,49%.

Beberapa bank ada yang menawarkan suku bunga murah di awal cicilan KPR, Namun hal tersebut biasanya hanya berlaku di 3 tahun awal cicilan, selebihnya suku bunga akan menyesuaikan kebijakan yang diterapkan oleh bank (floating)


Beberapa bank masih menerapkan suku bunga floating yang cukup tinggi. Berikut data beberapa suku bunga KPR Floating dikutip dari website masing-masing perbankan :

Bank MandiriBank BNIBank BRIBank BTNBank BCA
13,25%10,509,5%10,25%11.00%

Perkiraan tingkat suku bunga yang akan naik di triwulan II-2018 bisa jadi mencerminkan bahwa bank-bank akan menyesuaikan suku bunga baru kedepannya. Hal ini bukan menjadi kabar yang menyenangkan karena kewajiban cicilan yang harus anda tunaikan akan jauh lebih besar.

Oleh sebab itu dengan mempertimbangkan kemungkinan ini, ada baiknya jika anda memiliki keinginan untuk membeli rumah baru ataupun second lakukanlah sekarang selagi tingkat bunga masih belum mengalami kenaikan.

Selain itu saat ini bisa juga menikmati promo bunga KPR murah.

 Bank MandiriBank BNIBank BRIBank BTNBank BCA
Promo 2 tahun pertama5,55%6,75%6,25-6,50%-6.0%
Promo 3 tahun berikutnya6,55%7,75%9,5%9%*6,88%
*Suku bunga berlaku 5 tahun pertama


(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading