Citarum Sungai Terkotor Dunia, Jakarta Harus Punya Waduk Baru

News - Exist In Exist, CNBC Indonesia
16 April 2018 20:20
Citarum Sungai Terkotor Dunia, Jakarta Harus Punya Waduk Baru
Jakarta, CNBC Indonesia - Sungai Citarum merupakan salah satu sumber air baku bagi warga DKI Jakarta. Sekitar 80% warga Jakarta membutuhkan Citarum untuk sumber air minum, namun sungai dinilai sebagai yang merupakan yang terkotor di dunia.

Mengingat kondisinya yang sudah sangat tercemar, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro mengatakan pemerintah harus membangun waduk lepas pantai untuk menjadi sumber air baku pengganti. 

"Jadi isu di Jakarta ini pertama banjir, kedua kekurangan sumber air bersih. Kalau mau ideal sebenarnya di tengah Jakarta harus dibikin danau yang luas tapi bagaimana caranya kita mendapatkan lahan yang luas. Jadi usulan dari perlu ada pemikiran membangun waduk lepas pantai," ujarnya dalam Konsultasi Publik Rencana Tata Ruang Kawasan Jabodetabekpunjur di Hotel Grand Sahid Jaya, Senin (16/4/2018). 


Menurutnya, rencana pembangunan ini harus masuk ke dalam revisi Peraturan Presiden No. 54/2008 tentang Penataan Ruang Kawasan Jakarta - Bogor - Depok - Tangerang - Bekasi - Puncak - Cianjur (Jabodetabekpunjur).  



"Ini harus masuk dalam Perpres. Kita tidak mau ketergantungan dengan Citarum ini jadi kerepotan. Yang sudah kita diskusikan dengan Kementerian PUPR adalah bentuk tanggulnya," kata Bambang. 

Menurutnya, pembangunan waduk lepas pantai ini harus bersifat multifungsi yaitu selain menjadi sumber air baku, juga untuk mencegah dan menanggulangi banjir. (ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading