Belum Berhenti Beli Pesawat, Lion Air Akan Pesan Dreamliner

News - Exist In Exist, CNBC Indonesia
10 April 2018 20:41
Pesawat Dreamliner ditargetkan dapat dikirim ke Lion pada 2019.
Jakarta, CNBC Indonesia - Lion Air Group berencana memesan pesawat berbadan lebar (widebody) tipe Boeing Dreamliner 787-10.

Founder Lion Air Group Rusdi Kirana mengatakan pemesanan tersebut akan direalisasikan dalam waktu dua atau tiga minggu ke depan. 

"Dua minggu atau tiga minggu lagi kita sudah pesan lagi Dreamliner 787 seri 10, datangnya nanti 2019," ujarnya di Hotel Grand Hyatt, Selasa (10/4/2018). Akan tetapi, Rusdi masih engan menyebutkan lebih detil terkait jumlah unit dan nilai kontraknya. 



"Berapa unitnya tergantung diskonnya, nanti tunggu saja," ujarnya.
 Boeing 787-10 ini merupakan seri terbaru dari Boeing Dreamliner. Dreamliner adalah pesawat berbadan lebar yang dapat mengangkut antara 242 - 335 penumpang.

Pesawat ini juga lebih efisien bahan bakar dibandingkan dengan model-model sebelumnya. 
 

Adapun hari ini Lion Air Group resmi membeli 50 unit pesawat berbadan sedang (narrow body) Boeing 737 Max 10 senilai Rp 84,24 triliun.

Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait mengatakan pembelian 50 unit pesawat itu 100% menggunakan pinjaman Bank Exim Amerika. 

"Jadi Amerika yang mendanai lalu kita pakai. Jangan pikir kita minjam dari bank dalam negeri, kita didanai Bank Exim Amerika. Bunganya rendah, saya tidak bisa mengatakan persisnya berapa, yang jelas murah kan kredit ekspor," ujarnya di Hotel Grand Hyatt.

Akan tetapi, lanjutnya, sumber pendanaan tersebut bisa diganti oleh bank lain apabila ada yang menawarkan bunga lebih murah. 

"Kita bisa ganti kalau ada yang lebih murah, itulah negosiasi yang kita sepakati, jadi ada kepastian pendanaan," kata Edward. 


Dengan pembelian tersebut, perseroan hingga kini telah memesan sebanyak 480 unit pesawat baru dan yang sudah dioperasikan sekitar 180 unit pesawat. 
 
(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading