Ancaman Rudiantara: Apakah Facebook Senasib Medsos Ini di RI?

News - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
06 April 2018 17:32
Ancaman Rudiantara: Apakah Facebook Senasib Medsos Ini di RI?
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengancam menutup Facebook di Indonesia karena kebocoran data pengguna. 

Seperti diketahui, lebih dari 1 juta pengguna Facebook di Indonesia dilaporkan datanya bocor dan belum diketahui akan digunakan untuk apa data-data tersebut. 

Sebelum Facebook, pemerintah Indonesia juga pernah mengancam menutup sejumlah media sosial lainnya dan benar-benar merealisasikan hal tersebut.


Kasubdit Penyidikan dan Penindakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Teguh Arifiyadi menyebut media-media sosial yang pernah diblokir pemerintah. 

"Yang saya ingat media sosial yang pernah diblokir di Indonesia ialah Vimeo, Reddit, Telegram, Tumblr, Bigo Live, fitur GIF di Whatsapp dan beberapa media sosial terkait LGBT," dia, Jumat (6/4/2018).



Tumblr merupakan media sosial yang paling baru diblokir oleh pemerintah. Platform mikroblog dan situs jejaring sosial itu dilarang di Indonesia sejak Senin (05/03/2018).  

Diblokirnya platform tersebut dikarenakan menyebarnya konten asusila, serta merespon aduan masyarakat yang mengaku menemukan sekitar 360 akun porno di media sosial tersebut.

Selain itu, konten GIF Whatsapp yang berisikan gambar yang masuk dalam konten asusila juga ditindak oleh pemerintah dengan menghapus fitur tersebut dalam memberikan layanannya di Indonesia.  (ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading