Internasional

Tak Mau Buka Data WhatsApp, Brasil Denda Facebook Rp 450 M

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
06 April 2018 17:14
Tak Mau Buka Data WhatsApp, Brasil Denda Facebook Rp 450 M
Brazil, CNBC Indonesia - Jaksa federal Brasil memerintah Facebook Inc untuk membayar denda 111,7 juta reais (US$33,4 juta/ Sekitar Rp 450,9 miliar). Denda ini dijatuhkan karena Facebook dianggap gagal bekerja sama untuk investigasi korupsi.
 
Dilansir dari Reuters, pengadilan menjatuhkan denda pada Facebook atas kasus pada 2016 dimana Facebook gagal memberikan akses ke pesan whatsApp orang-orang yang diselidiki pengadlian dalam kasus korupsi sistem perawatan kesehatan negara bagian Amazon, Brasil.

Melalui sebuah email kepada Reuters, Facebook mengatakan penjatuhan denda tersebut tidak memiliki alasan yang mendasar.
 
"Facebook bekerja sama dengan penegak hukum. Dalam kasus tertentu seperti ini kami telah memberikan data yang diminta sesuai dengan hukum yang berlaku. Kami paham betul denda ini tidak memiliki dasar yang kuat dan kami sedang mempelajari semua opsi hukum yang kami miliki" ujar pernyataan tersebut, Jumat (6/4/2018).
 
Menurut polisi federal, pengadilan Brasil meminta Facebook memberi pihak berwenang akses ke pesan Whatsapp yang sedang diselidiki pada bulan April 2016.
 
Denda tersebut senilai satu juta reasis, ditambah bunga dari setiap hari-nya Facebook tidak memenuhi permintaan tersebut, yang mulai berlaku sejak pertengahan Juni 2016 dan berakhir saat penyelidikan korupsi diungkap ke publik pada bulan September di tahun yang sama.
 
Melalui penyelidikan yang dikenal sebagai "Operacao Maus Caminhos," atau "Operation Bad Paths," polisi federal mengungkap penggelapan puluhan juta reais dana publik, dilansir dari Reuters.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading