Internasional

Menebak-nebak Dampak Bea Impor China Pada Boeing

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
05 April 2018 14:57
China berencana kenakan bea impor 25% untuk beberapa jenis pesawat buatan AS.
Singapura/Shanghai, CNBC Indonesia - China pada hari Rabu (4/4/2018) mengumumkan rencana penerapan bea impor 25% terhadap beberapa jenis pesawat buatan Amerika Serikat (AS), yang diperkirakan akan berdampak pada beberapa model pesawat berbadan sedang (narrowbody) produksi pabrikan pesawat Boeing, berdasarkan isi dokumen Menteri Perdagangan China dan perusahaan AS tersebut.

Meski beberapa analis mengatakan China tidak memasukkan pesawat model terbaru, 737 MAX, yang disebut akan menjadi produk andalan Boeing, dampak kebijakan itu masih belum jelas akibat terbatasnya informasi yang diberikan dalam pengumuman tersebut. Selain itu, tidak semua karakteristik pesawat yang dikenai tarif disampaikan ke publik.


Dilansir dari Reuters, saham Boeing anjlok 6% setelah China menerapkan tarif balasan terhadap beberapa produk impor AS, seperti kedelai, mobil, daging sapi, bahan-bahan kimia, serta pesawat terbang.


Pengenaan bea impor itu termasuk untuk pesawat dengan berat kosong sekitar 15.000 kg sampai 45.000 kg atau 15 ton hingga 45 ton.

Tergantung dari definisi berat kosong tersebut, tidak pasti apakah Boeing 737 MAX 8 akan dikenai tarif meskipun jenis MAX 9 dan MAX 10 yang berukuran lebih besar kemungkinan tidak akan dikenai tarif.

Bagi AS yang mengekspor pesawat senilai US$15 miliar (Rp 206,4 triliun) ke China pada tahun 2016, dampaknya bisa signifikan. Nilai tersebut setara dengan nilai ekspor produk pertanian, seperti kedelai, yang merupakan kategori komoditas ekspor terbesar AS.

Ada banyak definisi dari berat kosong yang digunakan dalam industri pesawat, namun kementerian tidak memberi penjelasan lebih lanjut.

Dua ahli industri mengatakan istilah tersebut lebih menjurus pada 'manufacturer's empty weight' atau struktur inti pesawat.

Biasanya perusahaan pembuat pesawat tidak mempublikasikan rincian berat pesawat karena alasan komersial yang sensitif. Namun, mereka biasanya memberikan estimasi atas 'operating empty weight' atau berat pesawat dalam keadaan kosong ditambah kru dan beberapa peralatan, tanpa bahan bakar.


Kategori berat kosong manapun yang digunakan oleh China, pesawat 737 narrowbody saat ini nampaknya akan tetap terkena bea masuk. Pesawat itu rencananya akan digantikan oleh jenis 737 MAX yang lebih baru.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading