Internasional

Jurus Walmart Hadang Online: Layanan Medis di Hypermarket

News - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
01 April 2018 11:42
Jurus Walmart Hadang Online: Layanan Medis di Hypermarket
Jakarta, CNBC Indonesia - Raksasa ritel asal Amerika Serikat, Walmart, akan memperkuat kerja sama dengan Humana Inc. yang merupakan perusahaan di bidang asuransi kesehatan.

Kemitraan yang lebih intens itu akan menghadirkan layanan baru, yakni hypermarket sekaligus pusat layanan kesehatan yang menawarkan layanan medis dasar.

Kerja sama yang semakin erat antara kedua perusahaan itu memungkinkan Walmart menjangkau daftar pasien Humana dan bisa jadi menaruh beberapa klinik dokter di tokonya untuk menawarkan layanan kesehatan ke konsumen.


Dikutip dari Reuters, Minggu (1/4/2018), kabar ini santer terdengar sejak Kamis, 29 Maret 2018.



Kedua perusahaan dikabarkan akan meningkatkan pertumbuhan penjualan toko offline Walmart yang saat ini tengah menurun akibat tekanan toko online seperti Amazon.com.

Memperkuat relasi yang sudah ada dengan Humana, atau bahkan mengakuisisi perusahaan sekaligus, bisa menjadi langkah untuk mengubah sekitar 4.700 toko Walmart di AS menjadi pusat layanan kesehatan demi menarik konsumen berusia 65 tahun ke atas.

"Tujuan akhirnya adalah menarik semakin banyak orang ke toko, membuat mereka membeli obat dan melakukan pembelanjaan tambahan ketika berada di toko,"  kata Charles Sizemore, Pendiri Sizemore Capital Management LLC yang memiliki saham Walmart.

Ia berkata jika Walmart bisa menawarkan "harga kompetitif" untuk perawatan utama dan layanan kesehatan lainnya, peritel itu "bisa menumbuhkan trafik dan mendorong jumlah kunjungan ke toko.

"
Namun, terkait dengan kabar ini, Walmart menolak untuk berkomentar pada hari Jumat (30/3/2018), sedangkan Humana tidak memberi tanggapan.

Walmart adalah peritel terbesar yang memiliki kombinasi antara ritel dan asuransi kesehatan, tetapi bukanlah yang pertama. (ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading