Bea Masuk Barang Tak Berwujud Seperti e-Book Ditetapkan 0%

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
27 March 2018 19:12
Pemerintah akhirnya menetapkan barang tak berwujud dikenai bea masuk 0%.
Bogor, CNBC Indonesia - Bea masuk barang tak berwujud atau intangible goods akhirnya diputuskan sebesar 0%. Hal ini sekaligus mengakhiri spekulasi yang beredar sejak akhir tahun lalu.  

Fadjar Doni Cahyadi, Direktur Teknis Kepabeanan Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan, mengungkapkan keputusan tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri Keuangan yang bakal dilansir.  

"Ditjen Bea Cukai bersama Ditjen Pajak dan Badan Kebijakan Fiskal telah menyiapkan aturan bahwa digital goods atau intagible goods memiliki klasifikasi sendiri. Untuk itu dikenakan bea masuk 0%," ungkapnya di Cileungsi, Bogor, Selasa (27/3/2018). 


Dia menyebutkan, dengan adanya klasifikasi tersebut, maka intangible goods tidak lagi 'steril' dari perlakuan pajak dan kepabeanan serta mendapatkan perlakuan yang sama dengan tangible goods atau barang berwujud.

Saat ini, Otoritas Fiskal tengah menyiapkan aturan susulan yang lebih menyeluruh untuk perlakuan barang ini.
 

Intangible goods merupakan barang tak berwujud berupa e-book, software, e-song atau barang yang dibayar sebelum diunduh dan digunakan. Sejak akhir tahun lalu, muncul spekulasi bahwa Pemerintah telah menggodok peraturan untuk mengenakan bea dan pajak bagi intangible goods.

Hal ini juga telah dibicarakan dalam forum tingkat menteri di World Trade Organization (WTO) awal tahun ini. 
 

Dalam kesempatan itu, Fadjar juga mengemukakan bahwa Kemenkeu bakal melansir peraturan mengenai fasilitas fiskal untuk pusat logistik (PLB) berikat bagi e-commerce.  

"Jadi nanti ada PLB generasi kedua, atau EDC, e-commerce distribution center. Sedang disusun aturannya," kata Fadjar. 
Artikel Selanjutnya

Barang Impor Mulai Rp 45.000 Kena Pajak, Ini Tarifnya


(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading