Jokowi Perintahkan Tarif Jalan Tol Turun

News - Exist In Exist, CNBC Indonesia
22 March 2018 10:21
Jokowi Perintahkan Tarif Jalan Tol Turun
Jakarta, CNBC Indonesia - Tarif jalan tol saat ini dipatok Rp 1.300/km. Nilai itu dianggap terlalu tinggi bagi sejumlah pihak. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pemerintah tengah mengkaji kebijakan untuk menurunkan tarif tersebut, salah satunya dengan memperpanjang konsesi kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).
 

"Kami sudah diperintahkan presiden karena sudah dengar keluhan itu, hanya ada satu celah yaitu memperpanjang konsesi yang sekarang harganya Rp 1.300/km untuk golongan satu itu konsesinya sekitar 35-40 tahun. Kalau itu diperpanjang, mungkin bisa turun jadi di bawah Rp 1.000/km," jelasnya di Gedung DPR, Rabu (21/3/2018). 

Dia mengatakan kajian akan dilakukan secepatnya agar penurunan tarif dengan perpanjangan konsesi ini dapat segera direalisasikan pada tahun ini. 



"Lagi dipelajari, misalnya 45 tahun berapa harganya, 50 tahun berapa, 55 tahun berapa, 60 tahun berapa nanti baru kita putuskan. Harus tahun ini," kata dia.

Pemerintahan Jokowi memang tengah gencar membangun infrastruktur guna meningkatkan efisiensi dalam perpindahan orang maupun barang. Pembangun infrastruktur ini juga mencakup jalan tol. 


(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading