Konsesi Tol Ditambah, Operator Dapat Insentif Fiskal CDS

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
26 March 2018 17:41
PT Sarana Multi Infrastruktur ditunjuk menjadi fasilitas CDS.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah siap menjamin operator jalan tol yang mengalami kekurangan modal terkait dengan perpanjangan konses hingga 50 tahun. Perpanjangan konsesi ini sejalan dengan upaya pemerintah menurunkan tarif jalan tol. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, pemerintah akan memberikan keringanan berupa cash deficiency support (CDS) kepada operator yang melakukan perpanjangan konsesi. 

"Nanti ada dari pak Wamenkeu (Mardiasmo). CDS," kata Basuki usai rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Senin (26/3/2018). 


Insentif, kata Basuki, membuat operator mendapatkan dana talangan 'sementara', sehingga bisa digunakan untuk menanggung biaya tambahan akibat konses konsesi diperpanjang.

Adapun PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) akan ditujuk sebagai pemberi fasilitas.
 



"Tidak mungkin kami biarkan investor kesulitan," tegas Basuki. Dalam kesempatan sama, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan, bendahara negara pun akan memberikan fasilitas tax holiday selain CDS. Dalam waktu dekat, aturan yang menjadi payung hukum rencana tersebut akan diterbitkan. 

"Akan ada PMK baru. Besok ada pertemuan, rapat dulu, lalu press conference," kata Mardiasmo.
(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading