Mengawal Rupiah, Beban Besar Calon Deputi dan Gubernur BI

News - gita rossiana, CNBC Indonesia
13 March 2018 - 16:29
Mengawal Rupiah, Beban Besar Calon Deputi dan Gubernur BI
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah yang terus melemah terhadap dolar menjadi tantangan tersendiri dari calon gubernur dan deputi gubernur Bank Indonesia (BI). Pada 13 Maret 2018, nilai tukar rupiah mencapai Rp 13.757/ dollar AS.

Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Heri Gunawan mengatakan, pemerintah dan regulator memiliki peran penting dalam menjaga nilai tukar rupiah. Dari sisi pemerintah yakni melakukan sinergi fiskal dengan sektor riil sehingga tercipta fundamental yang kuat untuk menjaga kepercayaan pasar. "Kalau pasar terjaga maka pelemahan rupiah tidak berdampak signifikan," kata dia saat ditemui di kawasan DPR, Selasa (13/3/2018).

Sementara dari sisi moneter, Bank Indonesia memiliki peran penting dalam mengeluarkan kebijakan moneter. Dalam hal ini, calon gubernur dan deputi gubernur memiliki tantangan khusus agar bisa mengemas kebijakan yang baik ke depannya.


"Kami sudah mendapat surat dari presiden mengenai penggantian gubernur dan deputi gubernur, ini menjadi tantangan buat mereka," kata dia.

Hal yang perlu diperhatikan calon gubernur dan deputi gubernur tersebut salah satunya adalah pengaruh ekonomi global akibat adanya rencana peningkatan suku bunga acuan The Fed sebanyak empat kali.

"Sekarang bukan lagi cerita masalah orang, tapi soal sistem. Ekonomi Indonesia harus memiliki pondasi baik supaya berdampak signifikan," tegas dia.
(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading