Anak Usaha PGN Menang Lelang 2 Blok Migas

News - Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
31 January 2018 14:59
Anak Usaha PGN Menang Lelang 2 Blok Migas
  • PT Saka Energi menang lelang untuk blok Pekawai dan blok West Yamdena, keduanya akan dioperasikan dengan skema gross split
  • Komitmen investasi untuk kedua blok masing-masing senilai US$ 10,4 juta dan US$ 2,1 juta

Jakarta, CNBC Indonesia- Anak usaha PT PGN Tbk yang bergerak di sektor hulu minyak dan gas, PT Saka Energi, mendapat dua wilayah kerja migas hasil lelang Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Plt Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM Ego Syahrial mengatakan lelang ini dimulai sejak Mei 2017. Pemerintah, kata Ego, menawarkan 10 blok migas konvensional dan 5 blok migas non konvensional dengan skema gross split.




"Lelang ini merupakan pertama kalinya menggunakan PSC Gross Split, skema baru dari hasil sinergi pemerintah dan stakeholders,” ujar Ego Syahrial, Rabu (31/1/2018).

Blok atau wilayah kerja yang dimenangkan adalah Blok Pekawai untuk PT Saka Energi Sepinggan dan Blok West Yamdena untuk PT Saka Energi Indonesia. Komitmen investasi untuk masing-masing blok yakni US$ 10,4 juta dan US$ 2,1 juta.

Selian komitmen investasi, Saka juga memberikan bonus tanda tangan untuk pemerintah dengan nilai US$ 500 ribu untuk masing-masing wilayah kerja.

VP Exploration Saka Energi Rovicky Putrohari mengatakan perusahaannya berani untuk ikut lelang di dua blok migas kali ini dikarenakan adanya aturan hulu migas yang baru. Aturan yang dimaksud adalah investor atau kontraktor kontrak kerjasama (KKKS) dibolehkan untuk mengalihkan komitmen investasinya ke blok migas lain apabila tidak ada eksplorasi di blok yang diminati.



"Kalau ternyata tidak bagus kan sekarang bisa dialihkan, tidak didenda jadi ini opsi yang bagus. Makanya Saka berani ambil dua," kata Rovicky.

Untuk tahun ini, Rovicky mengaku Saka masih tertarik untuk ikut serta lelang wilayah kerja yang ditawarkan kementerian. "Karena Saka memang komitmen untuk eksplorasi di Indonesia."

(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading