Bos BCA & BRI Borong Saham Saat Murah, Gimana Cara Hitungnya?

My Money - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
11 January 2023 18:15
Gedung Bank BCA Foto: Muhammad Luthfi Rahman

Jakarta, CNBC Indonesia - Tiga direktur dari dua bank terbesar di Indonesia memborong saham ketika nilainya sedang anjlok karena dinilai sudah murah.

Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) John Kosasih memborong sebanyak 60 ribu lembar saham BBCA pada 5 Januari 2023. Pada saat itu harga saham BBCA di harga Rp 8.250 per saham sehingga total kocek yang dikeluarkan Rp495 juta.

Adapun direktur PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) (BBRI) Viviana Dyah Ayu R. K. dan Amam Sukriyanto, masing-masing menambah kepemilikan saham 50.000 saham.

Bagaimana cara melihat saham bank sudah murah?

Menilai suatu saham bisa menggunakan valuasi. Valuasi sendiri ada berbagai macam, yakni absolut dan relatif. Adapun yang termasuk valuasi absolut adalah dividend discount model (DDM) dan discounted cash flow (DCF). Sedangkan relatif adalah membandingkan potensi perusahaan dengan perusahaan sejenis. Biasanya valuasi relatif menggunakan price to earnings (PER) atau price to book value (PBV).

Investor ritel cenderung menggunakan valuasi relatif dibandingkan absolut karena lebih mudah untuk mengetahui nilai suatu saham dan lebih mudah dihitung.

Khusus saham-saham perbankan lebih umum menggunakan valuasi PBV dibandingkan dengan PER. Penyebabnya adalah laba perbankan yan lebih mudah berayun dalam variasi besar dari satu kuartal ke kuartal berikutnya akibat operasi perbankan yang kompleks sehingga valuasi PER akan bias.

Saat menggunakan nilai buku per saham, valuasi mengacu pada ekuitas yang memiliki fluktuasi yang lebih rendah sehingga memberikan pengukuran valuasi yang lebih stabil.

PBV didapatkan dari Harga dibagi dengan nilai buku. Nilai buku sendiri adalah nilai ekuitas dibagi dengan setiap lembar saham yang beredar di pasar. Nilai buku akan menunjukkan berapa besar nilai yang akan diterima saat terjadi likuidasi.

Setelah mendapat PBV, untuk menentukan saham murah atau mahal adalah dibandingkan dengan perusahaan sejenisnya. Maksud dari sejenis adalah berada dalam satu sektor, operasional bisnis yang sama, dan skala yang sama. Skala bisa diukur dari jumlah aset jika perbankan atau juga dengan kelompok bank berdasarkan modal inti (KBMI).

PBV yang lebih kecil menandakan lebih murah, artinya lebih baik dibandingkan dengan bank sejenis yang PBV lebih besar.

Selain itu juga bisa dibandingkan dengan rata-rata PBV tahun sebelumnya. Untuk memudahkan bisa menggunakan PBV band yakni grafik PBV setiap hari dalam rentang beberapa tahun.

TIM RISET CNBC INDONESIA

Artikel Selanjutnya

Sederet Jalan Ninja Warren Buffett Menuju Kaya Raya


(ras/ras)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading