Harga Karet Naik Nih! Jangan Senang Dulu, Masih Bisa Turun

Market - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
05 September 2022 15:53
foto : Reuters Foto: Reuters

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga karet dunia menguat pada perdagangan hari ini setelah anjlok 4,24% sepanjang minggu lalu.

Pada Senin (5/9/2022) harga karet yang diperdagangkan di bursa berjangka Jepang tercatat JPY 218,5 per kilogram, naik 0,42% dibandingkan harga penutupan kemarin.

"Pasar mengalami penurunan tajam minggu lalu, maka kenaikan hari ini dapat dikaitkan dengan rebound teknis," kata seorang pedagang yang berbasis di Singapura.

"Namun, harga diperkirakan tidak akan terus naik karena fokus yang meningkat pada pembatasan Covid-19 di China yang merusak sentimen, di samping permintaan regional yang lemah," tambahnya.

Kekhawatiran telah berkembang tentang melambatnya permintaan karet di pembeli utama China, karena negara itu berjuang dengan krisis properti, gelombang panas yang telah mengganggu produksi dan perpanjangan penguncian yang telah memukul aktivitas industri dan konsumsi.

Shenzen melakukan penguncian (lockdown) pada Sabtu dan akan terus tes penyebaran Covid-19 Sementara di Chengdu mengkarantina 21 juta orang pada Kamis.

China sendiri merupakan konsumen karet terbesar di dunia. Mengacu data Statista, China mengkonsumsi 4,7 ton karet dunia. Jika permintaan turun, maka harga akan mengikuti.

TIM RISET CNBC INDONESIA

Artikel Selanjutnya

Corona Masih Betah di China, Harga Karet Lesu


(ras/ras)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading