PalmCo Incar IPO Hingga Rp 10 T, Ada yang Untuk Bangun Pabrik

Market - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
29 August 2022 14:40
Dirut PTPN III, Muhammad Abdul Ghani Foto: Dirut PTPN III, Muhammad Abdul Ghani

Jakarta, CNBC Indonesia - Holding Perkebunan Nusantara PTPN III akan mengantar PalmCo untuk menghelat initial public offering (IPO). PalmCo sendiri merupakan perusahaan spin-off yang merupakan sub-holding PTPN III dan khusus bergerak di bidang kelapa sawit.

Perseroan menargetkan mampu meraup dana segar Rp 5 triliun hingga Rp 10 triliun melalui IPO. PTPN bahkan sudah menunjuk Mandiri Sekuritas dan McKinsey sebagai penasihat aksi korporasinya tersebut.

Namun, sebelum menghelat aksi korporasi itu, konsolidasi akan dilakukan terlebih dahulu. Bukan hanya lahan, tapi seluruh pabrik pengolahan kelapa sawit PTPN III akan dilebur ke dalam PalmCo.

"Nanti pabrik-pabrik akan dikonsolidasikan. Selama ini, kan, nggak. PTPN I punya pabrik sendiri dikontrol sendiri. PTPN II punya sendiri nggak terkonsolidasi. Nanti ini akan terkonsolidasi semua," ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, Senin (29/8/2022).

Belum berhenti sampai di situ. Arya menambahkan, dana IPO rencananya juga akan ada yang dialokasikan untuk pembangunan pabrik pengolahan kelapa sawit.

"Bikin pabrik baru, lah. Sehingga ini akan kenceng bikin minyak gorengnya, salah satunya pakai dana IPO itu," ungkap Arya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Haji Isam 'Cari' Duit, Giring Jhonlin Agro IPO Rp 366 M


(RCI/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading