Green Economic Forum 2022

Proyek Hijau Waskita Karya di IKN, Green Building Hingga SPAM

Market - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
28 June 2022 17:25
Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Destiawan Soewardjono (Tangkapan layar CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama PT Waskita Karya Tbk. (WSKT) Destiawan Soewardjono mengungkapkan kemampuan perseroan untuk membangun proyek infrastruktur hijau di Ibu Kota Nusantara (IKN). Apa saja proyek-proyek yang akan digarap Waskita Karya?

Dalam Green Economic Forum, Selasa (28/6/2022), Destiawan menjelaskan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sedang menyiapkan desain maupun proses administrasi untuk kemudian ditenderkan.

"Sebagian ada di desain and building yang mengarah pada green construction baik infrastruktur maupun building," ujarnya.



Menurut dia, selain aspek lingkungan, aspek-aspek lain yang harus dipenuhi adalah kecuraman tebing, galian seminimal mungkin, hingga pohon yang diupayakan tetap ada. Dalam pelaksanaannya, kata Destiawan, kontraktor harus mempunyai perencanaan seperti pengelolaan limbah hingga penanganan solar untuk kendaraan alat berat maupun genset.

"Ini di-manage dengan baik supaya itu tidak mengganggu, tidak merusak lingkungan," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, operasional nantinya menggunakan kendaraan listrik. Sehingga lingkungan pun bersih.

"Jadi dalam pelaksanaannya green. Sehingga para pekerja bisa bekerja dengan nyaman dan sehat. Sehingga pada saat jadi lingkungan itu dalam suasana baik dan lingkungan yang hijau," kata Destiawan.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengatakan kalau Waskita Karya juga ingin terlibat dalam pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) di IKN.
"Kami nanti akan coba terlibat untuk proyek SPAM yang ada di IKN," ujar Destiawan.




[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bangun Ibu Kota Nusantara, Ini Proyek Partisipasi WSKT


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading