Demi UMKM Tembus Jepang, BNI & KBRI Siapkan Sentra Distribusi

Market - Rahajeng KH, CNBC Indonesia
22 April 2022 12:54
'Eksplorasi Diaspora Kunci Kejayaan UMKM', BNI Diaspora Week

Jakarta, CNBC Indonesia - Diaspora Indonesia yang tersebar di berbagai negara berperan penting dalam peningkatan ekspor, terutama bagi UMKM. Diaspora bisa menjadi penghubung serta pintu gerbang UMKM lokal untuk menembus pasar ekspor.

General Manager BNI Jepang Yudhi Zufrial mengatakan sebagai perusahaan yang memiliki berbagai cabang di luar negeri, BNI memiliki visi untuk membawa Indonesia menuju dunia, termasuk Jepang. Dia mengatakan negeri sakura ini memiliki standar yang sangat tinggi untuk sebuah produk, sehingga UMKM yang bisa menembus pasar ini pun harus memiliki kemampuan yang mumpuni.

"Karena kualifikasi suatu produk sangat tinggi, kunci sukses produk kualitas, layanan dan after sales servis. Di sinilah peran kami untuk melakukan pendampingan agar bisa menembus pasar Jepang," kata Yudhi dalam BNI Global Diaspora Week bersama CNBC Indonesia, Jumat (22/4/2022).


Untuk menekan biaya logistik dan membuat produk UMKM lebih kompetitif, BNI bekerja sama dengan KBRI menyiapkan Sentra Distribusi. Sentra distribusi ini menggunakan strategi dropship yang dinilai efektif untuk UMKM.

"Di kantor BNI Tokyo kami memiliki ruang meeting yang bisa digunakan UMKM untuk business meeting. Kami punya produk display produk UMKM, virtual business matching yang bisa langsung dijual di Jepang," kata dia.

Pihaknya juga memberikan informasi tentang karakteristik pasar Jepang pada sentra UMKM Ekspor di Indonesia yang tersebar di tujuh kota dan melakukan promosi secara terpadu. BNI melalui BNI Xpora pun aktif membawa UMKM ke pameran bergengsi secara global untuk menampilkan produknya.

Pada kesempatan yang sama, Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi mengatakan Distribution Center atau sentra distribusi ditujukan agar produk UMKM lebih kompetitif dan menekan biaya logistik. Pasalnya, saat ini kebanyakan produk Indonesia yang masuk ke Jepang masih dalam skala kecil seperti jastip sehingga menjadi lebih mahal.

"Kalau masuk ke sini (Jepang) karena pesan online kemudian dikirim langsung dari Indonesia tidak kompetitif, jadi salah satu dukungan melalui sentra distribusi ini sehingga memberikan dukungan logistik dan menjadi pusat distribusi," kata dia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Live Now! Kupas Tuntas Jurus UMKM Tembus Pasar Global


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading