Kebijakan DMO RI Jadi Juru Selamat Harga CPO

Market - Putra, CNBC Indonesia
20 February 2022 12:50
CPO

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga kontrak minyak sawit mentah (Crude Palm Oil) dalam sepekan mengalami koreksi tipis.

Pada perdagangan terakhir pekan ini Jumat (18/2/2022) harga kontrak futures CPO di Bursa Malaysia naik 0,58% di level MYR 5.539/ton. Namun dalam sepekan harga CPO melemah 0,61%.

Pelemahan yang terjadi menyusul koreksi yang terjadi pada harga minyak mentah global. Harga kontrak berjangka Brent turun hampir 1% di sepanjang pekan ini.


Kemungkinan aktifnya kembali perjanjian Nuklir Iran dengan dunia membuka peluang naiknya pasokan minyak global, meskipun kesepakatan sangat tergantung pada keputusan masing-masing pihak yang terlibat.

Harga minyak mentah dunia cenderung bergerak searah dengan harga CPO karena minyak sawit dan minyak nabati lain juga digunakan sebagai bahan baku untuk membuat biodiesel, sumber energi alternatif untuk minyak mentah dan bahan bakar fosil.

Bagaimanapun juga harga CPO masih berada di kisaran level all time high (ATH) meski terkoreksi. Beberapa sentimen yang datang dari negara produsen mampu membuat harga bertahan di level yang tinggi.

Dari Malaysia sebagai produsen terbesar kedua, kinerja ekspor yang ciamik mengindikasikan permintaan CPO tetap tinggi di tengah ancaman disrupsi pasokan yang berlanjut.

Melansir Reuters, surveyor kargo menyebutkan bahwa ekspor Malaysia diestimasikan meningkat 11-24% secara month on month (mom) jika mengacu pada periode 1-15 Februari.

Kendati terjadi kenaikan ekspor yang cukup tinggi, produksi bulanan di Malaysia diperkirakan hanya meningkat 0,46%.

Beralih ke dalam negeri, kebijakan untuk menetapkan Domestic Market Obligation (DMO) juga turut mendorong harga naik ke atas.

Seperti yang diketahui, Indonesia merupakan produsen sawit terbesar di dunia. Ketika ada kebijakan DMO maka pasokan global akan cenderung berkurang karena harus diserap di pasar domestik terlebih dahulu.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sudah Naik 6,3%, Harga CPO Pekan Depan Bakal Mendatar?


(trp/trp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading