Ada Diplomasi Perang Dunia Ketiga, Bursa Eropa Sumringah

Market - Annisa Aflaha, CNBC Indonesia
15 February 2022 15:31
FILE PHOTO: Company stock price information, including Klepierre SA, is displayed on screens as they hang above the Paris stock exchange, operated by Euronext NV, in La Defense business district in Paris, France, December 14, 2016. REUTERS/Benoit Tessier

Jakarta. CNBC Indonesia - Bursa saham Eropa bergerak menguat pada perdagangan Selasa (15/2/2022). Investor global masih mengamati perkembangan tensi di Ukraina.

Indeks Stoxx 600 naik sebanyak 0,4%, di mana ketika awal sesi perdagangan berada di zona negatif. Saham sektor kesehatan tumbuh 0,8%, yang menjadi pemimpin kenaikan di mana mayoritas saham sektor tersebut berada di zona hijau.

Indeks DAX Jerman menguat 22,19 poin (+0,15%) ke 15.136.16 dan indeks CAC Prancis terapreasiasi 0,93%. Hal yang serupa terjadi, indeks FTSE Inggris yang naik 0,2% ke level 7.546,61.


Presiden Rusia Vladimir Putin dan Kanselir Jerman Olaf Scholz menggelar diskusi di Moscow hari ini sebagai usaha diplomatik di tengah kecemasan bahwa Rusia akan segera menginvasi Ukraina di beberapa hari kedepan, walaupun Rusia telah membantah hal tersebut.

Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah meminta kantor kedutaan besar AS di Kyiv ditutup dan meminta karyawan untuk pindah ke kota Lviv (bagian barat Ukraina) yang dipicu oleh pembentukan pasukan Rusia yang 'dramatis'.

Pasar dunia telah bergejolak selama sepekan karena meningkatnya tensi di Eropa Timur dan kecemasan bahwa bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed) akan melakukan pengetatan kebijakan moneternya yang lebih agresif lagi mengekor tingginya inflasi secara tahunan sejak 1982.

Bursa saham di Asia bergerak beragam hari ini, di mana investor masih mengamati perkembangan di Ukraina. Sementara itu, kontrak berjangka (futures) indeks bursa saham AS diprediksikan melemah di sesi awal pra-perdagangan yang mengindikasikan bursa saham di Wall Street akan dibuka kurang bersemangat.

Rilis laporan kinerja keuangan menjadi kunci dari pergerakan harga saham individual perusahaan di wilayah Eropa, di antaranya Glencore (perusahaan pertambangan Inggris-Swiss), Engie (perusahaan energi Perancis), dan DSM (perusahaan multinasional bidang kesehatan di Belanda) dijadwalkan akan merilis kinerja keuangannya sebelum perdagangan dibuka hari ini.

Selain itu, Produk Domestik Bruto (PDB) di wilayah Eropa kuartal IV-2021 dijadwalkan akan dirilis pada pagi hari ini waktu setempat, bersamaan dengan rilis data pekerja di Desember dan data perdagangan wilayah Eropa.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Rusia Ukraina Perang, Bursa Saham Eropa 'Kebakaran'


(aaf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading