Begini Rencana Besar Erick Untuk Telkom-Telkomsel-Mitratel

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
25 January 2022 15:20
Sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa-Sumatera-Kalimantan) milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah pulih dan kembali beroperasi normal seperti sedia kala sejak senin pagi (4/10) pukul 05.30 WIB.

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebutkan kementerian telah menyusun rencana pengembangan bisnis untuk PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) dan anak-anak usahanya. Perusahaan ini nanti akan difokuskan untuk pengembangan infrastruktur digital di Indonesia sejalan dengan perkembangan teknologi saat ini.

Hal ini disampaikan Erick dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi VI DPR RI, Selasa (25/1/2022).

"Telkom akan fokus kepada B2B (business-to-business), di mana mereka fokus kepada infrastruktur digital," kata Erick, Selasa ini.


Dia menjelaskan, penguatan infrastruktur digital perlu dilakukan di Indonesia mengingat perkembangan disrupsi digital saat ini tak hanya berfokus pada infrastruktur fisik. Infrastruktur digital ini sudah semkain dibutuhkan sejaan dengan terus meningkatnya persaingan ekonomi digital yang sudah mendesentralisasi sendi keuangan secara masif.

Sistem ini perlu diantipasi mengingat sistem keuangan yang nantinya akan berpotensi tak lagi dikendalikan oleh negara, melainkan oleh pihak lain yang bisa lebih besar dari negara.

Selain itu, perkembangan teknologi dalam bidang seni seperti berkembangnya NFT alias Non-Fungible Token, bahkan banyak generasi muda yang lebih memilih menjadi gamers dan Youtubers dan mendapatkan penghasilan dari sana. Hal-hal seperti juga dinilai harus didukung dengan adanya infrastruktur digital yang kuat.

Sehingga ke depan, Telkom akan fokus pada pembangunan menara telekomunikasi, data center, dan infrastruktur lainnya.

"Ini yang akan kita dorong juga bagaimana Telkom untuk juga mulai meihat kesempatan untuk mengkonsolidasikan data center supaya bisa seperti Mitratel [PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL)], bergerak lebih besar," terangnya.

Sedangkan Telkomsel akan fokus kepada bisnis ritel aluas business to costumer (B2C).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mitratel Bilang Mau Akuisisi Menara, Saat Harga Saham Ambles


(mon/mon)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading