Newsletter

Investor Cash Out, Wall Street Kebakaran Gan! IHSG Piye?

Market - Putra, CNBC Indonesia
14 January 2022 06:35
Markets Wall Street. (AP/Courtney Crow) Foto: Markets Wall Street. (AP/Courtney Crow)

Nasib apes harus kembali dirasakan oleh bursa saham New York. Tiga indeks saham acuannya harus ditutup dengan koreksi tajam.

Indeks Dow Jones Industrial melemah 0,49%. Kinerja indeks S&P 500 dan Nasdaq Composite lebih mengecewakan lagi. Kedua indeks tersebut masing-masing anjlok lebih dari 1% dan 2,5% dini hari tadi.

Pergerakan saham terutama saham-saham teknologi di AS sangat volatil sejak awal tahun 2022. Setelah sempat menguat dalam 3 hari perdagangan terakhir, harga saham-saham teknologi kembali berguguran.


Investor cenderung cash out untuk saat ini. Lagi-lagi pergerakan harga aset keuangan masih dibayangi dengan arah kebijakan moneter the Fed yang lebih ketat ke depan.

Jika di tahun 2021 saham teknologi menjadi primadona, kini justru banyak dilego investor. Seperti yang sudah diketahui bersama, saham teknologi memang sangat sensitif di tengah siklus pengetatan yang dilakukan otoritas moneter AS.

Aksi profit taking dari saham-saham teknologi di Wall Street juga disampaikan oleh Peter Boockvar dari Bleakly Advisory Group.

"Ketika the Fed tak bersahabat, investor akan cenderung menjual [saham] setelah reli," kata Peter.

Meskipun harga saham di bursa New York berguguran, sejatinya kinerja keuangan di kuartal IV diperkirakan bakal moncer.

Musim rilis laporan keuangan akan dimulai pada pekan ini. Emiten perbankan menjadi yang pertama dijadwalkan untuk mempublikasikan kinerja keuangannya.

Analis memperkirakan laba emiten di kuartal IV-2021 bisa naik 22,4%. Namun analis menilai kunci utama yang bakal menjadi penggerak pasar lebih condong pada guidance dan proyeksi di tahun 2022.

Dari rilis data ekonomi, sentimen kurang sedap yang menjadi pemberat harga aset berisiko seperti saham datang dari laporan sektor ketenagakerjaan di AS.

Data klaim tunjangan pengangguran tercatat mencapai 230 ribu, lebih tinggi dari perkiraan pasar di angka 200 ribu.

 

Sentimen Penggerak Pasar
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading