Harga Perak Selamat dari Kejatuhan, Cuma Turun Tipis...

Market - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
03 December 2021 08:29
Infografis/ Kenali Varian Virus Covid-19 Terkini, dari delta hingga Mu/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Komentar Jerome Powell, Chairman Federal Reserves (The Fed), mengenai percepatan tapering masih menekan laju perak. Namun, ketidakpastian ekonomi yang ditimbulkan oleh virus corona varian Omicron menahan penurunan aset safe haven tidak lebih dalam.

Pada Jumat (3/12/2021) pukul 07:43 WIB harga perak di pasar spot tercatat US$ 22,3497/ons, turun 0,11% dibanding posisi kemarin.


PerakSumber: Refinitiv

Pada hari kedua testimoni di Kongres, Powell menegaskan kembali bahwa dia dan sesama pembuat kebijakan akan mempertimbangkan untuk mempercepat program pembelian obligasi Fed pada pertemuan mendatang. Langkah ini dinilai membuka pintu lebar bagi kenaikan suku bunga AS yang lebih cepat dari rencana sebelumnya.

Awalnya Powell memperkirakan inflasi akan turun pada paruh kedua tahun depan karena rantai pasokan diperbaiki. Tetapi ternyata "risiko inflasi yang lebih tinggi telah naik" mengubah pandangan Powell.

"Kami harus menggunakan kebijakan kami untuk mengatasi berbagai hasil yang masuk akal, bukan hanya yang paling mungkin," katanya kepada Komite Jasa Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat AS.

Klaim tunjangan pengangguran pekan lalu mencapai 222.000. Ekonom dalam polling Dow Jones memperkirakan angka 240.000. Artinya, semakin sedikit pengangguran di AS dan sudah mendapatkan pendapatan sehingga risiko inflasi terus meningkat makin tinggi.

Suku bunga merupakan salah satu "musuh" utama perak, ketika suku bunga di AS naik maka daya tarik perak sebagai aset tanpa imbal hasil akan menurun. Selain itu, opportunity cost berinvestasi perak juga akan mengalami peningkatan.

Turunnya harga perak masih ditahan oleh Omricon, varian baru virus corona, yang menimbulkan ketidakpastian terhadap ekonomi. Minat beli didasarkan pada perak adalah salah satu aset lindung nilai yang diburu saat ketidakpastian ekonomi datang.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(ras/ras)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading