Hadirkan Inovasi, Ajaib Sekuritas Sabet 2 Penghargaan

Market - Arif Gunawan & Khoirul Anam, CNBC Indonesia
23 November 2021 15:39
VP Of Marketing PT Ajaib Sekuritas Asia, Gladys Pratiwi

Jakarta, CNBC Indonesia - Media ekonomi dan terintegrasi CNBC Indonesia menggelar CNBC Indonesia Awards 2021 'The Best Securities and Asset Management Companies' sebagai wujud apresiasi dan kinerja yang telah diraih para pelaku ekonomi dan dunia usaha sepanjang tahun 2021.

Atas inovasi dan kinerjanya terutama dalam menjaring investor ritel, PT Ajaib Sekuritas Asia meraih dua penghargaan sekaligus. Perusahaan sekuritas ini Melihat gebrakan yang berujung capaian fantastis tersebut, Ajaib Sekuritas terpilih menyabet dua kategori penghargaan sekaligus di ranah sekuritas, yakni sebagai The Most Innovative Brokerage House 2021 dan The Most Inspiring Securities Company 2021 di ajang CNBC Indonesia Awards

Penghargaan diberikan secara virtual kepada VP ofMarketing PT Ajaib Sekuritas Asia Gladys Pratiwi.


"Terima kasih pada CNBC Indonesia atas penghargaan yang diberikan kepada Ajaib. Kami ucapkan terima kasih, dengan lebih dari 1 juta investor ajiab yang mendukung kami. Dengan adanya penghargaan ini diharapkan dapat menginspirasi kami untuk memberikan yang terbaik dan menginsiprasi jutaan calon investor lainnya," kata Gladys dalam sambutannya, Selasa (23/11/2021).

Kini transaksi saham di Bursa Efek Indonesia (IDX) hampir 70% disumbang oleh investor dalam negeri. Kehadiran investor pemula ritel ini semakin membuka peluang bisnis bagi perusahaan sekuritas. Pemain-pemain lama yang sebelumnya fokus menggarap segmen institusi, mau tak mau harus melakukan manuver menyasar segmen ritel juga agar tidak kehilangan peluang.

Peluang bisnis inilah yang tak dilewatkan oleh perusahaan startup bergenre teknologi keuangan (fintech) yakni Ajaib. Pertama hadir sebagai platform jual-beli reksadana dengan investasi tematik, Ajaib bertransformasi menjadi perusahaan sekuritas setelah mengakuisisi PT Primasia Sekuritas (XC), dan resmi menjadi PT Ajaib Sekuritas Asia.

Meski posisinya saat itu merupakan pendatang baru, gebrakan Ajaib tak bisa dinafikan begitu saja dengan bekal "keajaiban" yang dibawanya dan terbilang sukses mendisrupsi dunia investasi di pasar saham, yakni aplikasi investasi digital.

Melalui platform digital Ajaib, perseroan menjadi salah satu broker pionir yang menawarkan pembukaan akun langsung tanpa tatap muka alias daring (online). Faktor pembeda perseroan dibandingkan dengan perusahaan sekuritas biasa adalah ranah operasinya yang sepenuhnya digital.

Aplikasi tersebut menawarkan berbagai keunggulan yang sulit untuk ditampik para milenial, yakni mulai dari kemudahan, fleksibilitas, kekayaan informasi hingga biaya transaksi yang terjangkau bagi kantong mereka.

Untuk meningkatkan awareness akan keunggulan tersebut, Ajaib dengan jeli memanfaatkan momentum rebound bursa pada kuartal IV-2020. Perseroan melancarkan strategi pemasaran masif baik secara konvensional melalui iklan, maupun non-konvensional lewat media sosial.

Dari sisi iklan, perseroan memanfaatkan momentum kenaikan popularitas drama Korea (Drakor) di Tanah Air. Perusahaan yang didirikan oleh Anderson Sumarli tersebut menunjuk aktor Korea pemeran Han Ji Pyeong di serial 'Start Up' yakni Kim Seon Ho sebagai brand ambassador.

Di media sosial, perseroan aktif melakukan literasi keuangan dan mengajak penggunanya mengundang teman atau relasinya berinvestasi di platform tersebut dengan referral code. Setiap kode referral yang dipakai berujung pada satu koin Ajaib bagi pemberi kode, yang bisa dia gunakan untuk membeli saham dan reksadana secara gratis, tanpa biaya broker.

Akuisisi Nasabah Tertinggi, Tercepat

Kedua strategi tersebut sukses mendongkrak brand awareness Ajaib di masyarakat. Hasilnya, Ajaib telah menggaet lebih dari 1 juta investor saham hanya dalam waktu sekitar 1 tahun. Dalam sejarah pasar modal, ini merupakan akuisisi nasabah tertinggi dalam waktu yang tersingkat.

Sebagai gambaran, pada periode Januari-September 2020, Ajaib belum masuk peringkat 50 besar Anggota Bursa (AB) dari sisi nilai transaksi. Pangsa pasar perseroan kala itu sangatlah kecil, di bawah 0,27% (berdasarkan nilai transaksi).

Namun per kuartal III tahun ini, Ajaib mampu membukukan transaksi saham kumulatif sebesar Rp 56,42 triliun dengan pangsa pasar mencapai 1,17% dan berada di peringkat 26. Ini merupakan lompatan yang sangat fantastis.

Untuk meningkatkan engagement nasabah lama dan sekaligus menarik pengguna baru, broker saham berkode XC ini juga menggelar kompetisi untuk mengajak teman dan relasinya berinvestasi di Ajaib dengan hadiah sebesar Rp 3 juta-Rp 10 juta untuk tiga pemenang teratasnya.

Lomba ini sekaligus menjadi ajang latihan bagi investor pemula meningkatkan literasi dan kemampuan investasi mereka di pasar modal. Tak seperti kompetisi umumnya yang hanya mengakui pemenang, Ajaib memberikan apresiasi kepada mereka yang masuk peringkat 40 besar.

Ini merupakan strategi promosi yang efektif dalam memperkuat basis pengguna karena 40 orang tersebut secara tidak langsung menjadi "brand ambassador" perseroan ketika mengumumkan prestasi mereka di media sosial masing-masing. Brand Ajaib tentu akan disinggung di sana dan melekat di benak netizen.

Terobosan dan gebrakan Ajaib Sekuritas Asia sulit untuk dinafikan, dan diakui oleh para investor global. tidak heran, para investor strategis antri menyuntikkan pendanaan untuk pengembangan bisnis perusahaan rintisan tersebut.

Dalam dua tahun, perseroan berhasil menarik dukungan angel investor sehingga tahun ini resmi menyandang status Unicorn, yakni status tertinggi startup karena sukses mencetak valuasi di atas US$ 1 miliar (Rp 14,2 triliun). Ia telah menjelma menjadi aset kebanggaan nasional karena menjadi startup investasi pertama di Asia Tenggara yang meraih status Unicorn.

Status tersebut diraih setelah perseroan merampungkan pendanaan seri B senilai US$ 153 juta (Rp 2,2 triliun). Sebelumnya, pendanaan seri A diraih pada Maret senilai US$ 90 juta (Rp 1,3 triliun). Nama investor besar di belakang Ajaib adalah SoftBank, Horizon Ventures, Alpha JWC Ventures, DST Global, Ribbit Capital, ICONIQ Capital dan IVP.

Melihat gebrakan yang berujung capaian fantastis tersebut, Ajaib Sekuritas terpilih menyabet dua kategori penghargaan sekaligus di ranah sekuritas, yakni sebagai The Most Innovative Brokerage House 2021 dan The Most Inspiring Securities Company 2021 di ajang CNBC Indonesia Awards


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

MMI Jadi Best Performing Asset Management Company


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading