NH Korindo Raih Best Securities Company In Digital Strategy

Market - Arif Gunawan & Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
23 November 2021 16:17
NH Korindo Sekuritas Raih 'The Best Securities Company In Digital Strategy 2021'

Jakarta, CNBC Indonesia - Media ekonomi dan terintegrasi CNBC Indonesia menggelar CNBC Indonesia Awards 2021 'The Best Securities and Asset Management Companies' sebagai wujud apresiasi dan kinerja yang telah diraih para pelaku ekonomi dan dunia usaha sepanjang tahun 2021.

Atas inovasi dan transformasi yang dilakukan oleh perusahaan sekuritas ini, NH Korindo dinobatkan sebagai The Best Securities Company In Digital Strategy 2021, pada CNBC Indonesia Awards 2021. Penghargaan diterima secara langsung oleh Marketing Advisor PT NH Korindo Sekuritas Indonesia Yoan Jung, yang hadir di studio CNBC Indonesia.

"Hari ini kami menerima penghargaan bagus dari CNBC Indonesia Saya dan karyawan senang sekali. Terima kasih pada seluruh karyawan yang ada di Indonesia dan kantor pusat di Korea. Kami akan bekerja keras untuk pembangunan pasar modal Indonesia," kata Jung dalam sambutannya, Selasa (23/11/2021).


PT NH Korindo Sekuritas Indonesia memilih memanfaatkan kanal digital untuk memperkuat pangsa pasarnya. Basis investor domestik semakin kuat dengan bertambahnya investor individu ritel yang mulai merambah dunia investasi. Hingga 14 Oktober 2021, ada tambahan 2,7 juta investor baru di pasar modal Tanah Air. Hampir 50% adalah investor baru saham.

Krisis pandemi yang menjadi akselerator penggunaan kanal digital dalam keseharian masyarakat, memicu peluang pemanfaatan kanal digital dalam pelayanan produk dan jasa kepada pelanggan. Hal serupa terjadi di ranah investasi.

Transformasi digital meningkatkan preferensi investor untuk bertransaksi saham secara online karena jenis layanan yang kian lengkap. Kini untuk mendaftar akun sekuritas, pelanggan tak perlu lagi datang langsung ke kantor atau mengirimkan dokumen yang dibutuhkan lewat kurir.

Pelanggan hanya diminta untuk mengunduh aplikasi di gadget masing-masing dan memulai proses pendaftaran secara digital. Terobosan ini sudah dilakukan oleh banyak anggota bursa (AB), salah satunya PT NH Korindo Sekuritas Indonesia.

Perusahaan sekuritas tersebut meluncurkan platform investasi dan trading saham bernama NAIK. Namun tak berhenti dengan aplikasi, NH Korindo memanfaatkan momentum transformasi digital di era pandemi untuk melakukan rebranding perusahaan.

Broker saham berkode XA ini memang mencuri perhatian setelah sukses meningkatkan nilai transaksi sahamnya. Jika per September 2020 nilai total transaksi saham melalui NH Korindo hanya Rp 12,7 triliun, tahun ini nilainya naik lebih dari 3 kali menjadi Rp 40,9 triliun.

NH Korindo juga sukses melebarkan pangsa pasarnya dari kisaran 0,4% per kuartal III-2020 menjadi 0,85% pada periode yang sama tahun ini. Selain sukses mempertahankan diri sebagai top 50 AB teraktif, NH Korindo juga sukses menaikkan ranking dari sebelumnya peringkat 41 menjadi peringkat 36 di kuartal III tahun ini.

Artinya, dalam 1 tahun NH Korindo Sekuritas sukses menggandakan pangsa pasarnya dan menaikkan rangking langsung 5 peringkat. Kinerja tersebut juga tercermin dari pendapatan NH Korindo Sekuritas yang mampu melesat hingga 97,32% secara tahunan.

Trading itu Cool!

Lonjakan terjadi setelah perseroan melancarkan kampanye digital di berbagai lini. Tak berhenti dengan digitalisasi layanan lewat aplikasi NAIK, perseroan juga melancarkan strategi pemasaran dan manajemen branding secara digital.

Menggaet aktor kawakan Joe Taslim, iklan aplikasi NAIK disiarkan pertama kali di kanal media sosial Youtube 11 bulan lalu. Sambutan warganet ternyata sangat antusias. App tersebut sudah diunduh lebih dari 10 ribu kali dan mendapatkan rating positif dengan skor lebih dari 4.

Lewat video berdurasi kurang dari 2 menit sang bintang iklan Joe Taslim menjelaskan apa itu NAIK dan apa saja fitur yang bisa dimanfaatkan secara singkat, padat dan jelas. Tentu dengan gaya anak muda yang kekinian, dan jenaka. Pesan yang tersirat: trading itu cool!

Aplikasi NAIK yang ditawarkan oleh perusahaan yng dipimpin Min Doo Ha sebagai Direktur Utama ini tidak hanya menawarkan pembukaan akun yang cepat, tetapi juga memudahkan calon pelanggan untuk mendapatkan kabar terbaru dari saham-saham yang dinilai potensial.

Display UI/UX yang sederhana tetapi eye catching juga menjadi faktor yang membuat apps NAIK unggul dalam hal aspek digital convenience. Strategi branding perseroan melalui iklan, konten dan konsep yang ditawarkan oleh NH Korindo Sekuritas juga berbeda.

Perseroan juga menambahkan fitur One Page Review, investor dimanjakan dengan informasi akurat, padat dan jelas tentang saham yang dinilai prospektif. Dengan fitur tersebut, membantu meningkatkan literasi investasi masyarakat terutama investor ritel.

Tak sampai di situ, NH Korindo Sekuritas lewat aplikasi NAIK juga berani menawarkan diskon biaya trading besar-besaran sebesar 0,09% atau 50% lebih rendah dari rata-rata fee transaksi yang ditawarkan oleh sekuritas lain.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading