Terungkap! Ini Masalah Fundamental Bisnis Brokerage di RI

Market - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
23 November 2021 15:29
VP Of Marketing PT Ajaib Sekuritas Asia, Gladys Pratiwi

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan broker saham baik asing maupun nasional menghadapi berbagai tantangan dalam mengembangkan usahanya.

Salah satunya diungkapkan oleh VP Marketing PT Ajaib Sekuritas Asia Gladys Pratiwi yang mengatakan, tantangan bagi bisnis broker sangat fundamental, seperti rendahnya literasi dan inklusi keuangan.

Saat ini, tercatat kurang dari tiga juta masyarakat yang berinvestasi di pasar modal. Menurut Gladys, angka tersebut sangat rendah jika dibandingkan negara lain di Asia Tenggara.


"Saya rasa ini PR kita bersama bagaimana kita meningkatkan inklusi dan edukasi keuangan di bidang investasi. Tantangannya adalah bagaimana kita semua bersama memajukan pasar modal Indonesia," jelas dia dalam CNBC Indonesia Award 2021 'The Best Securities and Asset Management Companies', Selasa (23/11/2021).

Oleh karena itu, ia menjelaskan, pihaknya akan meningkatkan inklusi dan literasi keuangan pada 2022. Ajaib telah menyiapkan beberapa strategi seperti aktivitas marketing hingga inovasi produk untuk mendorong calon investor, terutama di kalangan muda.

"Bagi kami, sebelumnya kami optimis ke depannya karena melihat Indonesia dengan perekonomian yang tangguh," ujar Gladys.

Pada kesempatan yang sama, Marketing Advisor PT NH Korindo Sekuritas Indonesia Yoan Jung juga menjelaskan, sebagai bisnis broker asal Korea Selatan, pihaknya menghabiskan kesempatan karena masa pandemi masyarakat mencari layanan institusi.

"Saya ingin memberikan yang terbaik untuk perusahaan. Jadi kami hanya siap untuk mencari investor baru, sehingga bisa tahu bagaimana mengembangkan perusahaan yang lebih kuat. Sehingga tahun depan akan lebih baik untuk mendapatkan investor baru," ungkapnya.

Sebagai informasi, sebanyak lima broker asing hengkang dari Indonesia sepanjang 2019-2021. Lima bisnis tersebut di antaranya, Citigroup Sekuritas asal Amerika Serikat (AS), PT Morgan Stanley Sekuritas Indonesia asal AS, PT Merrill Lynch Sekuritas Indonesia dari AS, PT Deutsche Sekuritas Indonesia asal Jerman, dan PT Nomura Sekuritas Indonesia dari Jepang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Trader Summit Hadirkan Edukasi Investasi & Kompetisi Trading


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading