Gurita Bisnis TP Rachmat yang Berharta Rp 30 T

Market - Feri Sandria, CNBC Indonesia
22 November 2021 14:25
Peter F Gontha memberi piagam kepada Theodore Permadi Rachmat atau yang lebih dikenal dengan TP Rachmat saat meraih pemenang CNBC Indonesia Awards Lifetime Achievement. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Grup Triputra milik taipan TP Rachmat berencana menawarkan 15% saham anak usahanya, PT Dharma Polimetal yang bergerak di bidang manufaktur komponen kendaraan bermotor kepada investor publik dan membidik dana segar maksimal Rp 427,34 miliar.

Sebelumnya awal tahun ini TP Rachmat melalui Grup Triputra juga baru saja melaksanakan penawaran saham perdana perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Triputra Agro Persada Tbk (TAPG) berhasil memperoleh dana IPO Rp 173,24 miliar setelah melepas 4,36% saham milik perusahaan kepada investor publik.

Theodore Rachmat, yang dikenal juga sebagai Teddy, mendirikan grup Triputra pada tahun 1998; sekarang memiliki empat lini bisnis, termasuk agribisnis, manufaktur, pertambangan dan pertambangan.


Memulai karir di grup otomotif Astra International, didirikan oleh pamannya William Soeryadjaya, pada tahun 1968 hingga akhirnya menjadi CEO, sebelum keluar dan membengun grup usaha sendiri.

Selain melalui Grup Triputra, TP Rachmat juga memiliki kepemilikan minoritas atas nama pribadi di beberapa emiten lain.

Berikut ini adalah beberapa emiten yang dimiliki oleh taipan yang kekayaannya per 22 November 2021 ditaksir mencapai US$ 2,1 miliar atau sekitar Rp 30,03 triliun (kurs Rp 14.300/US$) oleh Forbes.

PT Triputra Agro Persada Tbk (TAPG)

TAPG merupakan anak usaha Grup Triputrabergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dan industri pengolahan kelapa sawit serta perkebunan karet melalui perusahaan anak dan perusahaan asosiasi.

bersama perusahaan anak dan perusahaan asosiasi, TAP Group telah beroperasi di 24 lokasi perkebunan kelapa sawit dan satu perkebunan karet, memiliki 16 pabrik kelapa sawit, satu pabrik RSS (ribbed smoke sheet) dan empat kantor cabang perusahaan anak di Jambi dan Kalimantan, Indonesia.

Perseroan memiliki luas area perkebunan kelapa sawit seluas kurang lebih 158.000 Ha dan perkebunan karet seluas 1.400 Ha.

Grup Triputra melalui PT Triputra Investindo yang memiliki saham 22,89% dan PT Daya Adicipta Mustika dengan kepemilikan saham 14,01% merupakan pengendali perusahaan bersama PT Persada Capital Investama (23,24%) milik keluarga Arini Saraswaty Subianto yang juga merupakan pemegang saham utama di Grup Triputra.

Berikut Lima Emiten Lain, Termasuk Adaro Energy
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading