Review

Yuk Dipilih 6 Saham IPO, dari BUMN hingga Crazy Rich Surabaya

Market - Feri Sandria, CNBC Indonesia
08 November 2021 14:05
Dok Mitratel

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat di kuartal terakhir tahun ini perusahaan yang akan melaksanakan penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO0 masih semarak.

Pihak BEI mencatat terdapat 27 perusahaan yang berada dalam pipeline pencatatan saham.

Sebelumnya, dua emiten baru telah resmi melantai di bursa pada kuartal keempat tahun ini, pertama adalah emiten perdagangan peralatan pengecatan, PT Ace Oldfields Tbk (KUAS), yang berhasil mengumpulkan Rp 76,05 miliar setelah melepas 390 juta saham (30,17%) dan resmi diperdagangkan publik 25 Oktober lalu.


Lalu ada emiten produsen produk tapioka - pearl, topping jelly dan topping boba - yang berhasil melantai di bursa awal bulan ini, 1 November 2021. PT Formosa Ingredient Factory Tbk (BOBA) berhasil mengumpulkan Rp 39,20 miliar setelah melepas 140 juta saham (12,11%) kepada investor publik.

Selain kedua emiten tersebut setidaknya masih akan terdapat enam emiten lagi yang akan melaksanakan penawaran perdana sebelum tahun 2021 berakhir, dua di antaranya bahkan mengincar dana hingga triliunan rupiah.

Sebenarnya masih ada satu emiten lagi yang sudah bersiap melakukan penawaran perdana dan semula dijadwalkan akan melakukan penawaran awal di bulan depan, akan tetapi memutuskan membatalkan upaya tersebut setelah diakuisisi oleh Grup Emtek.

PT Bank Fama International semula berniat melepas maksimal 24% saham dengan target dana yang dihimpun Rp 391 miliar hingga Rp 430,37 miliar. Hal ini menjadikan nilai valuasi perusahaan mencapai Rp 1,63 triliun hingga Rp 1,79 triliun.

Menurut prospektus, rencana saham Bank Fama tercatat pada Januari 2021 dengan penjamin emisi PT Binaartha Sekuritas. Namun saat ini disebutkan dalam situs e-ipo bahwa rencana IPO Bank Fama batal, setelah Grup Emtek mengumumkan rencana pembelian 93% saham Bank Fama dengan nilai nominal Rp 100 per saham atau setara Rp 908,95 miliar.

Berikut ini Tim Riset CNBC Indonesia merangkum enam calon emiten baru yang akan melantai di bursa hingga akhir tahun ini.

Mulai dari anak perusahaan BUMN telekomunikasi hingga perusahaan depo bangunan milik crazi rich Surabaya. Berikut Berikut ini Tim Riset CNBC Indonesia merangkum enam calon emiten baru yang akan melantai di bursa hingga akhir tahun ini.

NEXT: Ini Dia Daftar Calon Emiten yang Bisa Dikoleksi!

Cek 6 Calon Emiten Baru!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading