Diam-diam Jadi Komisaris RANS, Intip Gurita Bisnis Kaesang

Market - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
28 October 2021 06:10
Anthony Pradiptya & Kaesang/Dok GK Hebat

Jakarta, CNBC Indonesia - Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep lagi-lagi mendapat sorotan publik setelah dia ditunjuk oleh artis dan pengusaha Raffi Ahmad untuk menjadi Komisaris di RANS Entertainment.

Hal ini diketahui berdasarkan undangan yang diterima CNBC Indonesia terkait dengan kerja sama perusahaan yang didirikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina itu dengan Grup Emtek milik keluarga pengusaha Eddy Sariaatmadja, pemilik stasiun televisi Indosiar dan SCTV.

Dalam undangan bertajuk Babak Baru RANS dan Emtek, kedua grup yang bergerak di bidang media dan hiburan mengumumkan kemitraan sekaligus akan bekerja sama menayangkan sejumlah program pilihan melalui platform RANS dan Emtek.


Dalam acara yang rencananya akan dilaksanakan pada Jumat, 29 Oktober 2021 hadir Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Komisaris RANS, Kaesang Pangarep, Dony Oskaria yang merupakan Dirut PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero), Co-Founder RANS dan Sutanto Hartono, Managing Director Emtek.

Sebagai informasi, RANS Entertainment merupakan kanal YouTube atau rumah produksi yang dimiliki Raffi dan Nagita yang didirikan pada 27 Desember 2015.

Pada awalnya, tujuan Raffi Ahmad membuat kanal Youtube RANS Entertainment adalah untuk mengabadikan momen bersama keluarga.

Namun, seiring berjalannya waktu, Raffi melihat peluang yang cukup baik pada Youtube dengan mendapatkan banyak pemasukan melalui AdSense Youtube.

Sampai saat ini, jumlah subscibers RANS Entertainment di YouTube sudah mencapai 21,9 juta. Seluruh unggahan videonya sudah ditonton lebih dari 4,66 miliar.

Bisnis Kaesang

Soal Kaesang, selain dikenal sebagai pengusaha kuliner dan Youtuber, adik dari Gibran Rakabuming Raka ini pun cukup punya pendukung di pasar modal setelah dia terjun menjadi trader saham.

Belum lama ini, dia bersama dengan Youtuber Indonesia, Kevin Hendrawan, meluncurkan akun instagram @sahamrakyat.

Kepada CNBC Indonesia, Kevin mengaku bahwa proyek barunya bersama Kaesang ini dibuat karena ketertarikan mereka pada investasi saham dan bertujuan untuk membuka mata anak muda terhadap potensi investasi saham.

"Gue kasih bocoran sedikit ya, Kaesang itu jugatrading[transaksi saham jangka pendek] lho, tapi kebanyakan diem-diem." ungap Kevin yang disampaikannya dalam wawancara Podcast Cuap-Cuap Cuan, CNBC Indonesia.

Lebih lanjut, berikut sejumlah bisnis Kaesang yang dirangkum dari pemberitaan CNBC Indonesia dan Detikfinance, serta Instagram @kaesangp.

1. Trader Saham

Seperti disebutkan di atas bahwa Kaesang juga ternyata mencari peruntungan di dunia pasar modal dengan menjadi trader. Sahabat Kaesang sekaligus Youtuber Indonesia, Kevin Hendrawan menyebutkan bahwa tak banyak yang mengetahui perihal aktivitas Kaesang di pasar saham.

Kaesang bersama dengan Kevin meluncurkan akun instagram @sahamrakyat. Kevin mengaku bahwa proyek barunya bersama Kaesang ini dibuat karena ketertarikan mereka pada investasi saham dan bertujuan untuk membuka mata anak muda terhadap potensi investasi saham.

"Pertama karena sepemikiran pasti, kedua karena kita sudah temenan lama, cukup lama dan emang sering ngobrol aja sih. Dan itu juga tidak sengaja, bikin komunitas saham apa ya? Yaudah kita bikin aja..." cerita Kevin soal alasannya bekerjasama dengan Kaesang.

Kevin dan Kaesang berharap dapat memberikan edukasi pada anak muda Indonesia mengenai cara-cara investasi saham.

Meskipun menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti, Kevin menyebut bahwa dirinya dan Kaesang mengelola proyek baru mereka ini secara profesional. "Kita ada analis-nya juga, ada timnya, kita kelola secara profesional," katanya.

2. Sang Pisang

Ini menjadi bisnis yang paling besar milik Kaesang yang kini sudah tersebar di 25 kota dengan lebih dari 73 outlet. Diluncurkan pada November 2017, kuliner berbahan baku pisang ini dibangunnya bersama Ansari Kadir. Hingga saat ini, karyawan Sang Pisang telah berjumlah lebih dari 1.500 orang.

3.Hompimpa Games

Ini adalah bisnis hiburan yang menjual berbagai macam produk board game dengan merk Hompimpa Games. Board game yang dihadirkan Kaesang Pangarep membawa pesan toleransi dan nilai-nilai budaya Indonesia dengan jenis-jenis permainan tradisional Indonesia.

4. Sang Javas

Sang Javas adalah merek clothing line dengan gambar kecebong. Gambar Kecebong dalam desain kaosnya menarik perhatian netizen saat kaos ini pertama kali diluncurkan.

Menurut Kaesang Pangarep, gambar kecebong layaknya potongan komik pada bagian depan kaus terinspirasi dari perilaku masyarakat di media sosial. Di Indonesia, Cebong sendiri merupakan panggilan untuk pendukung berat Jokowi saat pemilihan presiden beberapa waktu lalu.

5. Ternakopi

Selanjutnya adalah bisnis minuman olahan kopi dengan nama Ternakopi. Bisnis ini dijalankannya bersama dengan Gibran Rakabuming.

NEXT: Masih Banyak nih Bisnisnya, Mantab!

Ada Madhang hingga Chili Pari
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading