Harga Karet Mendadak Terbang 4%, Ada Apa Nih?

Market - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
19 October 2021 13:53
A woman works in a rubber plantation in Yala province, southern Thailand, January 30, 2017. REUTERS/Surapan Boonthanom

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga karet berjangka Jepang melonjak hingga lebih 4% pada perdagangan hari ini mengikuti pasar karet Shanghai di tengah penguatan indeks saham Hang Seng dan bursa utama Asia lainnya.

Pada Selasa (19/10/2021) pukul 14.00 WIB harga karet berjangka pasar Osaka tercatat JPY 233,1/kg, naik 4,06% dibanding posisi kemarin.


karetSumber: Refinitiv

Rebound pasar saham China sehari setelah rilis data ekonomi China yang mengecewakan mendorong harga karet dunia. Harga karet pasar Osaka mencapai level tertinggi sejak Juni 2021 dan berbalik arah menjadi dari trend bullish dari bearish sejak akhir Mei.

Harga minyak yang menguat juga menjadi dorongan bagi harga karet. Minyak brent pada hari ini menguat 0,57% dari posisi kemarin dan minyak mentah WTI naik 0,75% dari posisi kemarin.

Harga minyak yang tinggi memberikan dampak positif bagi harga karet karena minyak merupakan bahan baku karet sintetis yang merupakan substitusi dari karet. Sehingga ketika harga minyak naik, harga karet sintetis pun jadi lebih mahal.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(ras/ras)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading