Curhat di Medsos, Wanda Hamidah 'Diserang' Agen Asuransi

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
12 October 2021 16:19
Wanda Hamidah, foto: Ismail/detikHOT

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah publik figur dan politisi Wanda Hamidah menceritakan kekecewaannya via Instagram soal produk asuransi yang tidak memberikan proteksi seperti yang diinginkannya, dia mengaku mendapatkan banyak 'serangan' dari para agen asuransi di media sosial (medsos).

Dalam postingan Insta story di akun Instagram pribadinya, @wanda_hamidah, mantan Bendahara Partai Amanat Nasional (PAN) itu menyebut bahwa dirinya 'diserang' oleh agen asuransi karena merasa bahwa Wanda mengancam 'priuk nasi' alias mata pencaharian para agen asuransi ini.

"Diserang agen karena priuk nasinya terancam. Nah, kalian pikirin engga priuk nasi kami client yang kami sisihkan buat bayar asuransi bertahun-tahun? Dengan harapan kami mendapatkan perlindungan yang sesuai dengan yang kami keluarkan?" tulis Wanda, dikutip Selasa (12/10/2021).


Selain itu juga terdapat komentar lainnya yang mengatakan, "jangan salahin perusahaan ya, Bu. Agen yang nakal."

Menanggapi hal ini, Wanda mengatakan bahwa kontrak yang dibuat tersebut merupakan kontrak yang dibuat oleh perusahaan. Sedangkan agen direkrut oleh perusahaan asuransi tersebut.

Instagram @wanda_hamidahFoto: Instagram @wanda_hamidah
Instagram @wanda_hamidah

"Lah yang rekrut agen siapa? Kontrak/perjanjian kan perusahaan yang bikin, ya masa agen? Jago banget agen bikin kontrak ngejelimet gitu," tegas dia.

Sebelumnya, melalui akunnya ini Wanda mengunggah keluhannya mengenai pengalaman mengecewakan sebagai nasabah PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia).

Dia bahkan menyebut dengan sangat terang dalam sebuah slide "Aku menyesal pakai asuransi Prudential".

Pada dasarnya keluhan yang disampaikannya karena pertanggungan yang diberikan oleh asuransi yang dipakainya ini tidak sesuai dengan ekspektasi semula. Padahal, dia sudah menggunakan asuransi ini sejak lama, bahkan tahun lalu dia meningkatkan kelas asuransinya dengan biaya polis yang lebih mahal per bulannya.

"Hampir 12 tahun kami menggunakan asuransi @id_prudential tidak pernah sekalipun kami pakai," tulis Wanda dalam akunnya yang diunggah pada Minggu (10/10/2021).

"Gue ngerasa di-scam! Ditipu abis-abisan.. Sedih dan sakit hati bercampur menjadi satu sama asuransi @id_prudential. Apa semua asuransi gini ? Manis pas ditawarinnya aja ya.. I feel like closing down all my insurance...," tandasnya.

CNBC Indonesia sudah mencoba menghubungi Wanda terkait dengan unggahan ini tetapi belum terbalas.

Unggahan Wanda pun ikut dikomentari publik figur lainnya, misal sutradara dan produser film Nia Dinata @ibunia, "terimakasih sudah sharing Wanda, semoga ada jalan keluar dan cepat pulih anak mu yang atlit. Waktunya double triple check semua asuransi kita," kata sutradara film Arisan! dan Berbagi Suami ini.

Artis Happy Salma @happysalma, mengatakan, "omg!!! Nyebelin banget. Aku jd khawatir. Karena aku juga pakai:( oh no...peluk untuk kamu dan abang, semoga itu ada ke salah an, masa tega begitu:("

Instagram @wanda_hamidah, diakses 12 Oktober 2021 pukul 13.47 WIBFoto: Instagram @wanda_hamidah, diakses 12 Oktober 2021 pukul 13.47 WIB
Instagram @wanda_hamidah, diakses 12 Oktober 2021 pukul 13.47 WIB

Manajemen Prudential Indonesia pun buka suara. Luskito Hambali, Chief Marketing and Communications Officer Prudential Indonesia, menegaskan Prudential Indonesia senantiasa melaksanakan komitmennya untuk selalu mendengarkan nasabah, serta berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan keluhan yang disampaikan secara langsung.

Keluhan ini bisa disampaikan baik melalui Customer Care Centre di kantor Prudential Indonesia, customer line di nomor telepon 1500085, ataupun email di customer.idn @prudential.co.id.

Dia mengatakan, sehubungan dengan salah satu post di media sosial pada tanggal 10 Oktober 2021 mengenai keluhan seorang nasabah Prudential Indonesia, perseroan telah menghubungi yang bersangkutan di hari yang sama yaitu 10 Oktober 2021 untuk memberikan penjelasan dan jawaban atas keluhan tentang klaim rawat inap dan manfaat pembedahan atas polis yang dimiliki.

"Dapat kami pastikan, besaran biaya yang di-cover dari manfaat klaim rawat inap dan manfaat pembedahan diberikan sesuai dengan plan yang dimiliki nasabah dan ketentuan polis," katanya, dalam pernyataan kepada CNBC Indonesia, Senin kemarin (11/10).

Dia mengatakan, sebagai perusahaan asuransi jiwa terkemuka yang telah hadir selama lebih dari 25 tahun di Indonesia, Prudential Indonesia selalu menjalankan bisnis dengan penuh integritas, sesuai dengan tata kelola perusahaan yang baik, dan mematuhi serta melaksanakan apa yang menjadi hak-hak dari nasabah sesuai polis asuransi yang telah mereka beli.

"Semua hal itu dilakukan oleh Prudential Indonesia sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, khususnya Peraturan Otoritas Jasa keuangan," jelasnya.

Dengan begitu, tegasnya, Prudential Indonesia senantiasa mampu mewujudkan perlindungan bagi nasabah-nasabahnya yang sampai saat ini melindungi lebih dari 2,6 juta tertanggung.

Perwujudan perlindungan bagi nasabah-nasabah telah dibuktikan melalui pembayaran klaim dan manfaat polis asuransi yang telah dilakukan oleh Prudential Indonesia yang jumlah keseluruhan sudah mencapai sebesar Rp 8,1 triliun selama bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2021.

"Komitmen ini sejalan dengan upaya Prudential Indonesia, untuk dapat berperan aktif dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat dan sejahtera melalui produk-produk asuransi yang ditawarkan serta beragam inisiatif yang dihadirkan," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading