Aktivitas Jasa China Menggeliat, Karet Melesat!

Market - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
11 October 2021 11:35
Ilustrasi perkebunan karet di Nsuaem, Ghana. REUTERS / Zohra Bensemra

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga karet berjangka pasar Jepang melesat pada perdagangan hari ini terdorong menguatnya karet berjangka pasar Shanghai karena aktivitas jasa yang bangkit di China.

Pada Senin (11/10/2021) pukul 10:25 WIB harga karet pasar Jepang tercatat JPY 225/kg, naik 1,81% dibanding posisi akhir pekan kemarin.


karetSumber: Refinitiv

Aktivitas di sektor jasa China kembali tumbuh pada September 2021 menjadi 53,4 dari 46,7 pada Agustus. Angka ini membaik dan menjauh dari level terendah sejak puncak pandemi tahun lalu.

Sebagai informasi, level 50 poin adalah tolak ukur aktivitas industri jasa. Jika di atas 50 berarti aktivitas ekspansi, jika di bawah 50 berarti sedang berkontraksi.

Analis mengatakan risiko di sektor jasa lebih besar ketimbang sektor manufaktur karena paling rentan terhadap wabah COVID-19 dan bisa mengaburkan kebangkitan konsumsi di China.

"Dalam beberapa bulan mendatang, pemerintah harus fokus pada peningkatan pencegahan dan pengendalian epidemi dan mengurangi tekanan dari sisi penawaran," kata Wang Zhe, ekonom senior di Caixin Insight Group.

PMI komposit Caixin September, yang mencakup aktivitas manufaktur dan jasa, naik menjadi 51,4 pada September dari 47,2 bulan sebelumnya, didukung oleh kekuatan di sektor jasa.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ekonomi Dunia Terancam Madesu, Harga Karet Ikutan Lesu


(ras/ras)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading