Cek 8 Kabar Penting Ini, Ada Boy Thohir Beli TRIM Hingga ARTO

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
05 October 2021 08:13
Ilustrasi Bursa, Pergerakan Layar IHSG di Gedung BEI Bursa Efek Indonesia  (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kenaikan harga komoditas terutama batu bara mengerek laju bursa saham domestik ke zona hijau pada perdagangan awal pekan inI, Senin (4/10/2021).

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat sebesar 1,83% ke level 6.342,68 poin setelah pada Jumat pekan lalu terkoreksi.

Data perdagangan menunjukkan, nilai transaksi harian kemarin di Bursa Efek Indonesia mencapai Rp 17 triliun. Pelaku pasar asing melakukan pembelian bersih senilai Rp 1,99 triliun. Jika diakumulasi sejak awal tahun, pembelian bersih oleh pelaku pasar asing sudah mencapai Rp 17,98 triliun.


Sebelum memulai transaksi pada perdagangan Selasa ini, cermati aksi dan peristiwa emiten berikut ini yang dihimpun dalam pemberitaan CNBC Indonesia:

1.Boy Thohir Mau Caplok 49% Saham Trimegah

Konsorsium yang dipimpin Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk (ADRO) Garibaldi 'Boy' Thohir mengumumkan akan mengambilalih saham PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (TRIM) dari Advance Wealth Finance Ltd.

Berdasarkan pengumuman di koran media nasional, Senin ini (4/10), Boy Thohir mengatakan pihaknya sudah meneken term sheet yang belum mengikat dalam rangka rencana pengambilalihan saham TRIM.

Konsorsium Boy Thohir berencana membeli 3.500.000.000 saham milik Advance di TRIM yang merupakan 49,23% dari seluruh saham yang dikeluarkan oleh TRIM yang apabila diselesaikan maka akan mengakibatkan perubahan pengendalian atas perusahaan sekuritas ini.

"Tujuan dari rencana pengambilalihan ini adalah untuk investasi dan pengembangan bisnis konsorsium Boy Thohir di pasar modal Indonesia," tulis Boy Thohir, dikutip Senin ini (4/10).

2. Grab Kuasai 90% Kepemilikan OVO, Tokopedia Keluar?

Perusahaan induk Grab Indonesia, Grab Holdings Inc. meningkatkan kepemilikan sahamnya di perusahaan dompet digital OVO menjadi 90% dari sebelumnya sebesar 39% melalui PT Bumi Cakrawala Perkasa.

"Grab Holdings Inc. meningkatkan kepemilikannya dari penyedia dompet elektronik Indonesia OVO menjadi sekitar 90% dengan mengakuisisi saham dari PT Tokopedia dan Lippo Group," mengutip Bloomberg, Senin (4/10/2021).

Grab yang berbasis di Singapura juga berencana untuk go public melalui merger dengan Altimeter Growth Corp pada akhir tahun ini.

Sebelum transaksi ini, sebelumnya Grup Lippo tercatat menggenggam kepemilikan sebesar 7,2% saham di induk OVO, Bumi Cakrawala Perkasa (BCP). Grab tercatat sebagai pemegang saham terbesar 39,2% dan Tokopedia mempunyai 36,1% saham di BCP.

Pemegang saham lainnya, Tokyo Century Corporation tercatat memiliki 7,5%. Wahana Inovasi Lestari tercatat sebesar 5%.

3. Emiten Sandiaga Jual Kebun Sawit Rp503 M

Emiten perkebunan dan agroindustri, PT Provident Agro Tbk (PALM), mengumumkan telah menandatangani perjanjian jual dan beli bersyarat untuk menjual seluruh saham anak usahanya, PT Mutiara Agam (MAG) dengan nilai transaksi sebesar Rp 502,50 miliar.

Perusahaan bersama dengan PT Saratoga Sentra Business dan PT Provident Capital Indonesia selaku pemegang saham telah sepakat menjual keseluruhan 115.500 saham MAG kepada PT Duta Agro Makmur Indah dan PT Lambang Jaya Agro Perkasa.

"Para penjual dan para pembeli sedang dalam proses untuk memenuhi persyaratan pendahuluan dengan target pelaksanaan rencana transaksi yang jatuh paling lambat pada tanggal 30 November 2021 atau tanggal lainnya yang dapat disetujui secara tertulis," tulis pihak manajemen PALM dalam keterangan resmi yang terbit di laman keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) yang dikutip CNBC Indonesia, Senin (4/10).

4.Erick Angkat Triawan Munaf Jadi Komut Holding BUMN Pariwisata

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ternyata sudah menunjuk jajaran direksi dan komisaris PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero). Perusahaan negara yang akan mengurusi pariwisata itu akan menjadi induk holding BUMN Pariwisata dan Aviasi yang disebut InJourney.

Eks Komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Triawan Munaf ditunjuk sebagai Komisaris Utama InJourney.

"Segera bertugas. Kita akan rapat akhir minggu ini," katanya kepada CNBC Indonesia, Senin (4/9/2021).

Triawan juga membenarkan perihal nama-nama yang menduduki jajaran direksi dan komisaris di PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero):

Jajaran komisaris:

  • Komisaris Utama: Triawan Munaf
  • Komisaris: Odo Manuhutu
  • Komisaris: Wihana Kirana Jaya
  • Komisaris Independen: Elwin Mok

Jajaran direksi:

  • Direktur Utama: Deny Oskaria
  • Wakil Direktur Utama: Edwin Hidayat Abdullah
  • Direktur: Herdy Rosadi Harman

CAR BNI Makin Kuat
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading