Bank Sentral China Suntik Dana, Harga Karet Naik Lagi

Market - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
23 September 2021 12:21
Koko Muzala, 17, makes incisions on a tree to tap rubber at a Rubber plantation in Nsuaem, Ghana November 24, 2018. Picture taken November 24, 2018. REUTERS/Zohra Bensemra

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga karet dunia melanjutkan penguatan pada perdagangan pagi hari ini terdorong kabar Evergrande yang mampu membayar kupon obligasi tepat waktu.

Pada Kamis (23/9/2021) pukul 10:00WIB, harga karet berjangka pasar Osaka tercatat JPY 200/kg. Naik 1,68% dari posisi kemarin.


KaretSumber: Refinitiv

Evergrande menyanggupi pembayaran kupon obligasi 5,8% September 2025 yang diperdagangkan di Pasar Shenzhen tepat waktu pada 23 September 2021. Pembayaran kupon Evergrande sebesar US$ 35,88 juta, dilansir Refinitiv. Selain itu, Evergrande juga akan melakukan pembayaran kupon $83,53 juta pada obligasi valas di luar negeri.

Bank Sentral China (People's Bank of China/PBOC) menyuntikkan dana sebesar US$ 14 miliar atau setara Rp 199,4 triliun ke dalam sistem perbankan untuk mendukung stabilisasi pasar. Yasutada Suxzuki, Kepala Investasi EM Sumitomo Mitsui Bank Tokyo, mengatakan suntikan dana dari PBOC adalah upaya pemerintah China untuk mencegah krisis.

"Saya menduga itu untuk mengatasi kekhawatiran Evergrande dan menunjukkan PBOC berusaha mendukung pasar," sebut Yasutada.

Kabar baik ini membuat investor lebih tenang setelah ancaman default raksasa properti di negeri panda itu bisa berdampak pada laju ekonomi China dan jadi pemicu krisis global.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ekonomi Dunia Terancam Madesu, Harga Karet Ikutan Lesu


(ras/ras)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading